LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

6 Obat Herbal Ampuh Atasi Anemia | lifestyleOne

Sabtu, 20 Maret 2021

Jakarta - Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah. Salah satu Cara mengatasi anemia adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menambah darah. 

Selain itu, berdasarkan penelitian dari para ahli anemia dapat disebabkan karena kekurangan zat besi. Zat besi dan beberapa nutrisi lain yang berguna untuk menambah darah tidak selalu bersumber dari produk hewan. Karena ada juga buah yang kaya akan zat besi dan bisa berfungsi sebagai nutrisi alami untuk Penambah darah. Berikut macam-macam buah yang mampu mencegah anemia.

Yang pertama adalah buah tomat. Buah tomat sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita anemia. Dalam 100 gram buah tomat terkandung 9,09 miligram zat besi. Jumlah ini tentu sangat signifikan mengingat setiap harinya manusia dewasa hanya membutuhkan sekitar 18 miligram zat besi. Sedangkan untuk anak membutuhkan sekitar 10 miligram.

Tentunya, jika Anda ingin mengonsumsi tomat. Konsumsilah dalam bentuk buah secara langsung agar manfaatnya bisa kita dapatkan secara optimal. Kedua, jambu biji yang dikenal sebagai buah penambah keping darah atau trombosit. Tetapi tahukah Anda jika jambu biji juga dapat menambah sel darah merah dalam tubuh?

Hal ini karena jambu biji kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin. Buah yang ketiga yakni buah mangga. Buah memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga banyak orang yang menggemari buah yang satu ini.

Mangga sendiri terkenal mengandung vitamin C yang berguna untuk penyerapan zat besi didalam usus. Selain vitamin C, buah mangga juga kaya akan vitamin B, vitamin E, vitamin K, dan berbagai mineral penting, seperti magnesium, kalsium, tembaga, mangan, zinc, dan tentunya zat besi.

Sementara itu buah keempat yang dipercaya mampu mengatasi anemia yakni buah delima. Untuk mengonsumsi buah delima memang butuh kesabaran ekstra karena isi buahnya yang sangat kecil. Meski begitu, buah delima sebenarnya direkomendasikan di berbagai negara sebagai asupan utama bagi para penderita anemia. Pasalnya, dalam 100 gram buah delima terkandung 0,3 miligram zat besi.

Selanjutnya ada buah jeruk yang bagi sebagian orang mampu mencegah anemia. Siapa sangka buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidan ini juga menjadi salah satu buah yang bisa menambah darah. 

Buah jeruk ternyata juga mengandung mineral penting dalam pembentukan sel darah merah, seperti zat besi, asam folat, kalsium, fosfor, tembaga, dan juga berbagai vitamin B. Yang terakhir adalah buah nangka. Kandungan zat besi yang tinggi membuat buah naga baik untuk meningkatkan hemoglobin bagi penderita anemia.

Zat besi yang terkandung dalam buah naga dapat membantu memproduksi sel-sel darah merah yang bisa membantu oksigenasi organ tubuh manusia. Dalam 100 gram buah naga yang berwarna merah tua terdapat 2,0 miligram zat besi. (adh)
 

Lihat juga: Penyakit Sinusitis: Penyebab, Gejala, Hingga Cara Mengatasi

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
04:18

Durian Bikin Kolesterol dan Gula Darah Naik, Mitos atau Fakta?

Banyak anggapan yang beredar dimasyakarat yang menyatakan makan Buah durian dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Mitos atau fakta?
img_title
06:42

Cara Meredakan Sakit Kepala dan Demam Dengan Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan dapur yang dapat diracik sebagai obat herbal penurun panas. 
img_title
07:24

Benarkah Kolesterol Pada Makanan Bertambah Jika Dipanaskan?

Memenaskan Kembali makanan sisa menjadi rutinitas rumah tangga yang sering kita lakukan. Lantas, dampak apakah yang bisa muncul?
img_title
01:33

4 Negara Dengan Pengobatan Tradisional Terbaik dan Terlengkap, Ada Indonesia?

Pengobatan tradisional adalah cara penyembuhan dengan cara menggunakan pengetahun tradisional yang memanfaatkan obat tradisional atau ramuan tradisional menjadi media pengobatannya. 
img_title
10:26

Berbagai Ramuan Alami Penurun Berat badan Sekaligus Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Terlalu banyak senyawa ini dapat menyumbat pembuluh darah yang menempatkan seseorang pada masalah jantung atau stroke.
img_title
05:03

5 Tanaman Ini Bisa Kita Makan Saat Tersesat di Hutan!

Alam diciptakan sebagai media setiap makhluk hidup untuk mengembangkan diri dan menjalankan kegiatannya sehari-hari.
img_title
06:42

Dapatkan Manfaat Antioksidan dari 5 Buah-Buahan Ini!

Antioksidan adalah zat alami ataupun buatan manusia yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan. 
img_title
02:00

4 Fakta Keringat Manusia yang Mungkin Belum Anda Tahu

Biasanya keringat identik dengan perasaan kotor dan membuat kita tidak nyaman. Padahal, keringat yang dihasilkan tubuh memiliki sejumlah manfaat. Berikut selengkapnya.
img_title
25:54

Anemia atau Darah Rendah? Ini Perbedaan Gejala dan Penyebabnya

Kurang darah atau anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. 
img_title
09:13

Tak Hanya Rabies, Ini Sederet Penyakit Hewan yang Bisa Menular ke Manusia

Selain karena kebiasaan makan yang tak sehat, ada beragam penyakit lain yang bisa mudah menjangkiti manusia yang disebabkan oleh penularan hewan, baik hewan liar juga bisa karena kepemilikan hewan peliharaan.
img_title
02:42

Sejarah Minyak Goreng yang Kini Makin Mahal

Hampir semua masakan baik tumisan, gorengan, ataupun kuah-kuah pun identik dengan penggunaan minyak goreng.
img_title
04:36

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Bagian Daging Sapi yang Lezat dan Sehat

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang lezat dan kaya akan gizi. Selain mengandung protein yang tinggi, daging sapi juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
img_title
16:30

Basmi Hipertensi Dengan Belimbing, Apakah Manjur? | Hidup Sehat tvOne

Belimbing atau Averrhoa carambola merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. 
img_title
10:57

Kemangi, Lalapan Sehat Kaya Manfaat

Daun kemangi yang mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan Lemon basil. 
img_title
15:23

Kalori dan Nutrisi Mie Ayam, Ini yang Terjadi Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Apakah kalian tahu jumlah kalori dan nutrisi pada mie ayam? dan bagaimana jika mie ayam dikonsumsi setiap hari?
img_title
08:04

Benarkah Buah Stroberi Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat?

Strawberry merupakan jenis buah beri yang biasanya berwarna merah atau merah muda, dengan biji-biji kecil di permukaannya. 
img_title
02:31

Mulai Pelupa? Hindari Kepikunan Dengan 4 Tips Berikut

Seringkah Anda mendadak tidak mengingat letak atau posisi benda yang akan dipakai atau mungkin aktivitas yang akan anda lakukan?
img_title
07:31

Jangan Dibiarkan! Ini Akibat dari Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi pada saluran bronkus, yaitu pipa yang berfungsi sebagai penyalur udara dari bagian tenggorokan menuju ke organ paru-paru.
img_title
07:48

Jangan Panik Dulu, Ini Penyebab Batuk Berdarah Selain TBC

Namun, perlu kita ketahui bahwa pemicu batuk darah bukan hanya gangguan pada paru loh, terdapat sejumlah penyakit atau gangguan lain yang dapat menjadi pemicunya. Berikut selengkapnya.
Jangan Lewatkan
Kata-Kata Menyentuh Hati Bintang Timnas Malaysia Faisal Halim Setelah Jadi Korban Penyiraman Air Keras

Kata-Kata Menyentuh Hati Bintang Timnas Malaysia Faisal Halim Setelah Jadi Korban Penyiraman Air Keras

Bintang timnas Malaysia, Faisal Halim, menyampaikan kata-kata yang menyentuh hati setelah menjadi korban penyiraman air keras pada hari Minggu (5/5) lalu.
Ada Kabar Buruk di Arab Saudi, Semua Calon Jemaah Haji Diminta Harus Waspada

Ada Kabar Buruk di Arab Saudi, Semua Calon Jemaah Haji Diminta Harus Waspada

Staf Pengelola Program Haji Dinkes DKI Jakarta dr. Ervien Ritandi Edwin beri kabar buruk ke para calon jemaah haji selama ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.
Peserta CSR dan Pengembangan Desa Keberlanjutan Awards 2024 Meningkat 60%

Peserta CSR dan Pengembangan Desa Keberlanjutan Awards 2024 Meningkat 60%

Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF) atau forum yang fokus pada keberlanjutan sosial masyarakat dan bisnis, kembali menggelar ‘CSR dan Pengembangan Desa Keberlanjutan Awards 2024’.
Motor Warga Pagedangan Tangerang Raib, Pelaku Hanya Sisakan Ini

Motor Warga Pagedangan Tangerang Raib, Pelaku Hanya Sisakan Ini

Peristiwa pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) terjadi di wilayah Kampung Pugur, Desa Lengkong Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa (7/5/2024).
Prabowo Diingatkan Pengamat Agar Tak Kebablasan Bikin Koalisi Gemuk, Ini Alasannya

Prabowo Diingatkan Pengamat Agar Tak Kebablasan Bikin Koalisi Gemuk, Ini Alasannya

Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), Haidar Alwi ingatkan Presiden terpilih Prabowo Subianto agar tidak kebablasan dengan merangkul semua pihak ke dalam koalisi
Dilaporkan Punya Harta Fantastis, Begini Klarifikasi Kepala Bea Cukai Purwakarta

Dilaporkan Punya Harta Fantastis, Begini Klarifikasi Kepala Bea Cukai Purwakarta

Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta, Rahmady Effendi Hutahaen buka suara usai ramainya kabar harta fantastis dan dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Tes Seleksi, 503 Calon PPK di Banyuwangi Ujian CAT

Tes Seleksi, 503 Calon PPK di Banyuwangi Ujian CAT

KPU Kabupaten Banyuwangi menggelar rangkaian seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Ratusan calon PPK ini mulai mengikuti ujian tes berbasis komputer (CAT)
Kabar Baik, Jawa Tengah Mendapat Kuota 4.446 Calon ASN pada 2024

Kabar Baik, Jawa Tengah Mendapat Kuota 4.446 Calon ASN pada 2024

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan kuota calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 sebanyak 4.446 orang, terdiri atas 265 pegawai negeri sipil dan 4.181 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
Satreskrim Polres Gresik Ringkus Ayah Tiri Predator Anak dan Dua Pelaku Pencabulan di Pulau Bawean

Satreskrim Polres Gresik Ringkus Ayah Tiri Predator Anak dan Dua Pelaku Pencabulan di Pulau Bawean

Satreskrim Polres Gresik menangkap seorang pria paruh baya yang tega merudapaksa dua anak tirinya dan dua pelaku pencabulan asal Pulau Bawean, Gresik.
Survei Membuktikan Sendi Fardiansyah Potensial Jadi Bintang Baru Pilwakot Bogor

Survei Membuktikan Sendi Fardiansyah Potensial Jadi Bintang Baru Pilwakot Bogor

Sendi Fardiansyah sangat potensial menjadi bintang baru dalam kontestasi politik pemilihan walikota Bogor pada November 2024. Sejumlah program dan kemasannya dinilai bukan saja massif, tapi juga positif untuk mendongkrak elektabilitasnya.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Catatan Demokrasi
21:30 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Buru Sergap
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya