PENTING!!! Pesan Dokter Soal Vaksinasi Corona Saat Berpuasa | lifestyleOne

Rabu, 21 April 2021 - 12:10 WIB

Jakarta - Orang yang melakukan vaksinasi COVID-19 pada saat berpuasa akan tetap memiliki kekebalan tubuh yang sama dengan mereka yang dapat vaksin ketika tidak puasa, kata dokter Spesialis Dalam, dr. Suzy Maria, SpPD-KAI

"vaksin itu upaya kita menjadi sehat, cuman yang perlu dipastikan efek dari vaksin seperti ngantuk, lemes, demam, lapar. itu disebut dengan efek samping yang ringan, umumnya dalam beberapa hari akan membaik dengan sendirinya.  catatanya ternyata dengan berpuasa efek samping itu tidak terjadi lebih sering atau pun lebih berat.” Jelasnya dalam program Hidup Sehat tvOne.

Ia menambahkan, saat berpuasa justru imun tubuh akan jauh lebih meningkat di dalam tubuh.

“Jadi ketika kita berpuasa ada komponen dari sistem kekebalan tubuh kita meningkat sehingga lebih bagus dalam melawan infeksi dan ada juga yang menurun yaitu respon peradangan. Justru ketika kita di vaksin saat puasa justru akan lebih baik dengan respon imun yang baik." Tambahnya.

Lebih lanjut dr, Suzy menjelaskan, bahwa vaksinasi yang dilakukan saat menjalankan ibadah puasa tidak akan membuat efektivitas vaksin akan menurun.

“Bahwa kalau di vaksinasi jangan khawatir efektivitas vaksin akan menurun, efektivitasnya  akan tetap sama.” Jelasnya.

Sementara itu soal efek vaksin yang dirasakan oleh mereka setelah vaksinasi seperti mengantuk, Lapar, demam dan sejumlah efek ringan lainya, Suzy mengingatkan untuk pentingnya menyiapkan diri sebaik mungkin jika akan mendapatkan vaksin.

“Jika keesokanya akan di vaksin maka dipastikan kita harus cukup tidur, makan dan minum,” Paparnya.

Pekan lalu, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan program vaksinasi COVID-19 tetap akan dilakukan siang hari selama bulan Ramadhan dengan alternatif malam hanya akan dilakukan dalam kondisi tertentu.

 

"Pada pelaksanaannya vaksinasi akan tetap kita lakukan pada siang hari, tetapi sebagai alternatif karena di dalam fatwa MUI juga sudah menyebutkan bahwa kita harus memperhatikan kondisi kesehatan," kata Nadia dalam diskusi virtual tentang vaksin di bulan Ramadhan, Selasa (13/4).

Nadia mengatakan bahwa vaksinasi tidak memberikan dampak langsung terhadap seseorang yang berpuasa. Namun, yang harus menjadi perhatian adalah efek samping yang muncul pada sebagian orang.

Sebagai alternatif terkait hal itu maka dapat dilakukan pemberian vaksinasi COVID-19 pada malam hari yang pelaksanaannya harus dijadwalkan dengan melakukan koordinasi dengan pengurus masjid, RT/RW dan Puskesmas setempat. Alternatif itu merupakan salah satu langkah untuk mempercepat proses vaksinasi, terutama untuk orang lanjut usia. (mii)

Lihat Juga: Fatwa MUI : Vaksinasi Tak Membatalkan Puasa | tvOne Minute

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral