Sudah Pernah Coba? Inilah 4 Buah Indonesia yang Hampir Punah

Jumat, 16 Desember 2022 - 22:30 WIB

Jakarta - Indonesia merupakan negara yang kaya dengan berbagai hasil alam salah satunya adalah buah-buahan yang beragam.

Namun sayangnya, kebanyakan masyarakat banyak yang lebih memilih buah-buahan impor dibandingkan lokal, apalagi untuk buah yang berasal dari hutan.

Buah-buahan hasil hutan di zaman dahulu sangat banyak dan beragam. Namun saat ini keberadaannya mulai sulit untuk ditemukan bahkan hampir punah.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan Indonesia yang mulai langka.

Lobi-lobi
Buah lobi-lobi buah yang memiliki nama ilmia Flacourtia inermis ini berasal dari wilayah Asia yang beriklim tropis.

Suku Minangkabau menyebutnya Lubi-lubi. Buah yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan rujak, diolah menjadi manisan, asinan, selai ataupun sirup.

Tidak hanya itu tanaman dengan buah yang berukuran kecil ini juga cocok untuk dijadikan tanaman peneduh.

Lobi-lobi sebenarnya bisa dibudidayakan dengan cara menanam bijinya atau dicangkok. Usia berbuahnya pun terbilang cukup panjang yaitu hingga 20 tahun.

Keledang
Pohon buah keledang ini memiliki daun yang lebar dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah terutama di hutan tropis.

Buah dari pohon keledang memiliki rasa yang manis dan uniknya daging buah terpisah dari bijinya.

Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis. Hal tersebut wajar karena buah keledang merupakan kerabat dari nangka dan cempedak dari suku moraceae.

Buah sebesar genggaman tangan orang dewasa ini dijual dengan harga Rp2.500 per buahnya. Sungguh sebuah harga yang murah untuk buah eksotis yang sudah jarang ditemukan.

Kesemek
Buah ini dikenal dengan sebutan buah kaki atau dalam bahasa Inggris dinamai oriental persimon.

Buah kesemek juga kerap disebut apel Jawa karena bentuknya seperti apel dan tanamannya banyak tumbuh di daerah pulau Jawa terutama di Jawa Barat.

Meski bentuknya seperti apel. tapi tekstur buah kesemek tidak keras. Dari segi rasa Kesemek sangat manis berbeda dengan apel yang manisnya cenderung asam.

Ciri khas buah ini adalah bedak putih yang menyelimuti permukaannya sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan julukan buah genit.

Selain manis rasanya Kesemek juga mempunyai kandungan nutrisi yang baik dan dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, juga melindungi mata.

Kecapi
Buah langka yang terakhir adalah Kecapi atau biasa disebut dengan nama lain seperti Sentul.

Buah yang mempunyai nama ilmiah Sandoricum koetjape ini diduga berasal dari wilayah Indocina dan Semenanjung Malaya.

Buah ini berbentuk bulat dengan diameter sekitar 5 -6 cm. Rasanya manis dengan sensasi kecut yang khas.

Di beberapa wilayah Indonesia, buah kecapi dimanfaatkan sebagai sirup. Selain itu buah kecapi muda juga kerap dijadikan bahan baku dalam pembuatan permen.

Dari segi kesehatan, pohon kecapi juga dianggap berkhasiat. Rebusan daunnya secara tradisional digunakan sebagai penurun demam. Sedangkan akarnya diolah untuk obat kembung sakit perut dan diare.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral