Childfree: Ingin Bebas & Bahagia, Komnas Perempuan Angkat Bicara

Sabtu, 18 Februari 2023 - 11:31 WIB

Jakarta, tvOnenews - Pembahasan persoalan 'childfree' akhir-akhir ini menjadi buah bibir segelintir masyarakat. Komnas perempuan pun angkat bicara terkait persoalan tersebut. 

Childfree yaitu tanpa anak atau bebas anak adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik itu anak kandung, anak tiri ataupun anak angkat. 

Pemikiran ini ramai dibicarakan, setelah salah satu Yuutuber Tanah Air mengulas dan mendukung dengan keputusan 'childfree'.  

Tentu pemikiran dan keputusan tersebut menimbulkan banyak pro dan kontra dari masyarakat hingga Komnas perempuan akhirnya ikut angkat bicara. 

Menurut Siti Aminah selaku Komisioner Komnas Perempuan memaparkan bahwa peran perempuan bukan hanya mengandung, melahirkan, menyusui dan merawat anak. 

Disamping itu semua, banyak tanggung jawab dan rasa sakit yang tertinggal setelah memiliki anak. 

Contohnya saja menahan rasa nyeri sehabis melahirkan,begadang untuk memberi air susu yang mengakibatkan 'baby blues'. 

Namun sebenarnya, persoalan tersebut sangat bisa dikomunikasikan dan dipecahkan dengan pasangan (suami) untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam merawat dan bertanggung jawab membesarkan anak-anaknya. 

Akan tetapi, kondisi sosial tentu berbeda dengan keadaan dan budaya dahulu yang membuat hal ini sangat menakutkan untuk para pasangan suami istri. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral