Dosen UII Hilang usai Kunjungan ke Norwegia, Jejak Digitalnya Terlacak

Minggu, 19 Februari 2023 - 10:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Seorang dosen sekaligus Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) dikabarkan hilang usai melakukan kunjungan ke Norwegia.

Ahmad munasir Rafie Pratama dikabarkan hilang usai melakukan kegiatan akademik di Norwegia.

Sejatinya ia sampai Indonesia melalui maskapai Turkish Airlines pada 16 Februari pukul 18.00 WIB.

Namun hingga saat ini yang bersangkutan tidak ada kabar bahkan namanya tidak ada dalam manifest pesawat dari Istanbul ke Jakarta.

Kontak terakhir dilakukan oleh pihak keluarga pada tanggal 12 Februari lalu.

Pihak UII sudah melaporkan kejadian tersebut ke KBRI Norwegia dan Turki, serta ke pihak kepolisian.

UII pun meminta kepada siapapun yang mengetahui keberadaan Rafie untuk melaporkannya kepada UII.

Universitas Islam Indonesia (UII) pun terus melakukan pelacakan terkait keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama atau Rafie yang dikabarkan hilang usai mengunjungi Norwegia.

Salah satunya dengan melacak melalui jejak digital dari yang bersangkutan. 

Rektor UII Fathul Wahid mengatakan penggalian jejak digital yang dilakukan oleh Tim Pusat Krisis UII menyimpulkan bahwa Rafie berada di Turki. 

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa Rafie sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan sudah berada di Istanbul, Turki," kata Fathul dikutip dari laman resmi UII, Minggu (19/2/2023).

Pihaknya menemukan rekaman aktivitas sign out Google Drive milik Rafie pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.57 waktu setempat.

Selain itu, Tim Pusat Krisis UII juga menemukan jejak digital lain berupa sambungan internet melalui koneksi Virtual Private Network/eduVPN yang mengarah ke kampus UII.

"Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat 12 Februari 2023," ungkap Fathul.

Selain itu, pihak kepolisian di Oslo memastikan bahwa catatan imigrasi di Bandara Oslo menunjukkan bahwa Rafie sudah tidak berada di wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

Namun, pihak UII belum dapat memastikan apakah saat ini pria yang juga menjabat Wakil Dekan bidang Sumber Daya Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII itu sudah meninggalkan Istanbul atau belum.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral