Tradisi Padusan Jelang Ramadhan Kembali Diadakan setelah Vakum karena Pandemi

Rabu, 22 Maret 2023 - 16:20 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, tradisi padusan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan kembali digelar di Boyolali, Jawa Tengah.

Tradisi unik ini ditandai dengan ritual siraman dan mandi di sumber air sebagai simbol mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa.

Ratusan umat muslim di Boyolali, Jawa Tengah Salsa (21/3/2023) siang melakukan kirab dan tradisi siraman padusan menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain berjalan kaki, sebagian peserta naik delman dan kereta kuda dari kantor kecamatan menuju kompleks pemandian Tirtomulyo, Pengking yang jaraknya sekitar 2 km.

Penampilan seni lokal berupa tari-tarian menyambut kedatangan para peserta Saat memasuki tempat dilakukannya prosesi siraman.

Secara simbolis tradisi siraman dilakukan terhadap pasangan mas dan mbak di tempat yang sudah disiapkan. Ritual siraman dengan air kembang dilakukan sejumlah pejabat pemerintah daerah setempat secara bergantian.

Usai siraman pasangan mas dan mbak dan para pengiringnya secara bergantian masuk ke dalam sumber air atau umbul untuk melakukan mandi bersama dengan cara menyelam ke dalam air.

Meski sempat berhenti beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, namun tahun ini tradisi padusan kembali diadakan karena merupakan warisan para leluhur di tanah Jawa yang dilakukan setiap menjelang puasa.

Tujuannya membersihkan tubuh sehingga nantinya dapat menjalankan ibadah puasa dengan hati yang bersih.

Dipilihnya Umbul Ngabean karena tempat tersebut merupakan petilasan Pakubuwono X yang sering digunakan untuk siraman.

Diharapkan tradisi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah tersebut tetapi lestarikan dengan menjaga kearifan lokal.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral