Klarifikasi Once Mekel soal Kisruh Hak Royalti Lagu dengan Ahmad Dhani

Jumat, 31 Maret 2023 - 14:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Musisi Ahmad Dhani menyebut mantan vokalis band Dewa 19, Once Mekel tak membayar royalti saat menyanyikan lagu ciptaannya. Hal ini pun kisruh dan menjadi sorotan publik. 

Ahmad Dhani mengungkapkan kewajiban event organizer (EO) atau penyelenggara acara untuk membayar royalti lagu.

Beredarnya kabar itu membuat publik menilai hubungan Ahmad Dhani dan Once Mekel sedang tak baik-baik saja.

Terkait hal tersebut, Once Mekel pun mencoba mengklarifikasi, dirinya menyebutkan persoalan terkait royalti antara pencipta lagu dan penyanyi benar adanya. 

Diketahui, sang penyanyi Once juga belum ada komunikasi lebih lanjut dengan Ahmad Dhani terkait larangan dirinya membawakan lagu band Dewa 19 dan membayar royalti kepadanya. 

Menurut Once, Ahmad Dhani telah melontarkan pernyataan-pernyataan di hadapan publik yang menurutnya telah menyetir pendapat publik, opini publik yang menyudutkan dirinya sehingga terpandang once bersalah dalam persoalan tersebut. 

Dalam Undang-Undang dan peraturan yang ada, yang berkenaan dengan hak cipta dan royalti permusikan, dirinya tidak dalam posisi yang bisa disalahkan. 

Hal itu disebabkan pengumpulan royalti musik itu harus dilakukan oleh sebuah lembaga yang sudah ditunjuk oleh negara yaitu Lembaga Manajemen Kolektif Nasional. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral