Pejabat KPK Dicopot, Konflik Kepentingan di KPK terkait Formula E Terkuak?

Rabu, 5 April 2023 - 09:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Nasib Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK menjadi tanda tanya. Baru-baru ini kami memberhentikan Endar dengan hormat dimana lembaga antirasuah memutuskan untuk tidak memperpanjang masa tugas Jenderal Bintang Satu itu karena alasan habis masa jabatan.

Namun berbeda dengan KPK, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutuskan memperpanjang masa jabatan penugasan Endar sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Sebelumnya, Endar Priyantoro dan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Irjen Karyoto dikembalikan ke Polri sejak akhir Maret lalu.

Tak terima atas keputusan pemberhentian dirinya, Endar pun melaporkan Sekjen KPK Cahaya Harifa dan ketua KPK Firly Bahuri ke Dewan Pengawas KPK.

Endar pun enggan menyimpulkan apakah pemberhentian dirinya terkait dengan pengusutan kasus Formula E yang sempat menyeret Anies Baswedan sebagai saksi, dimana Endar dan Karyoto berbeda pendapat dengan pimpinan KPK mengenai kelanjutan kasus Formula E.

Endar saat itu menilai kasus Formula E belum bisa dinaikkan ke tahap penyidikan dan mempertahankannya di tahap penyelidikan.

Endar enggan menjawab tegas keterkaitan hal tersebut, namun menyatakan perbedaan pendapat dalam gelar perkara atau ekspose merupakan hal yang lazim.

"Kalau soal perbedaan pendapat kan biasa sebenarnya, perbedaan pendapat dalam satu forum ekspose, tapi ya enggak pernah ada keputusan, enggak pernah ada kan berarti masih ada beda pendapat, dan memang sampai sekarang masih belum ada keputusan apakah naik [penyidikan] atau tidak," ujar Endar di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Senin (3/4/2023).

Endar menyatakan dirinya bekerja secara profesional dan objektif dalam menangani suatu perkara.

Ia tidak menampik fakta ada kebetulan yang mengaitkan antara pencopotan dengan pendapat berbeda dalam ekspose Formula E.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
01:56
Viral