Komnas Perempuan Soroti Kasus “Staycation”, Perempuan Rentan Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Sabtu, 13 Mei 2023 - 20:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pekerja perempuan rentan menjadi korban eksploitasi seksual di tempat kerja. 

Viral di jagat maya, Staycation sebagai syarat perpanjangan kontrak kerja salah satu modusnya.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani pun menjelaskan terminologi eksploitasi seksual.

Eksploitasi seksual menurut Andy merupakan satu terminologi yang ada di beberapa Undang-Undang.

“Secara gampangnya ya ada orang yang lebih kuat berkuasa dibandingkan orang lain, dan kemudian dia menggunakan kekuasaannya itu untuk mendapatkan keuntungan baik bagi dirinya ataupun orang lain, dan keuntungan itu bersifat seksual, konotasinya seksual,” jelas Andy.

Sebelumnya, menurut Andy, kasus eksploitasi seksual juga banyak terjadi. 

“Misalnya udah pacaran, tentunya yang laki-lakinya merasa lebih berkuasa terutama jika perempuannya ini sendiri juga sangat takut ditinggalkan ataupun sangat ingin untuk dinikahi. Jadi kemudian dijanjikan ‘saya pasti menikahi kamu deh’ gitu. Nah ternyata kemudian setelah melakukan hubungan seksual ditinggal begitu saja,” jelasnya.

“Atau juga kasus misalnya yang sempat membludak itu di lembaga pendidikan . Jadi misalnya karena dia mahasiswa, nilainya lulus enggaknya itu sangat tergantung pada dosennya. Nggak mesti bilang macem-macem semua mahasiswa tentunya akan paham bahwa masa depannya itu tergantung bagaimana dia berelasi dengan dosennya, dan karena itu kita mendengar misalnya kasus-kasus dimana ada yang minta dicium lah, ada yang dipeluklah, dan lain-lain,” tambah Andy.
Hal ini lah menurut Andy yang juga sempat menjadi masalah besar dan juga mendorong lahirnya Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Andy pun menyebutkan banyak kasus di sektor-sektor yang memungkinkan mereka mengalami ketimpangan kuasa yang begitu besar. Namun, tidak banyak yang melaporkan karena tekanan yang begitu tinggi.

“Misalnya mereka ini statusnya kontrakan gitu ya, jadi dari waktu ke waktu harus memperpanjang kontraknya. Jadi dia harus bagaimana menavigasi dirinya agar dia dekat ataupun dia seolah-olah tidak bisa menolak dari orang yang memiliki kuasa untuk menentukan apakah kontraknya itu akan diperpanjang atau tidak diperpanjang,” sambungnya.

Terutama, menurut Andy, isu eksploitasi seksual ini dibalut begitu gampangnya menjadi isu suka sama suka.

Selain itu stigma kepada perempuan itu begitu besarnya dan seringkali menjadi penghalang terutama bagi perempuan yang menjadi korban dan mengalami eksploitasi seksual untuk menyuarakan apa yang dialami.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
25:37
Viral