Tersangka Kasus Al Zaytun akan Segera Ditetapkan, Siapakah Orangnya?

Minggu, 9 Juli 2023 - 18:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menkopolhukam Mahfud MD meyakini bakal segera ada tersangka dalam perkara dugaan penistaan agama pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang.

Mahfud kemudian juga menyebut dua hal yang melatarbelakangi, diantaranya polisi telah melakukan gelar perkara dan penyidik telah menaikkan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan. 

Lantas cukupkah segala kontroversi Panji Gumilang ini bakal menjadikannya sebagai tersangka penistaan agama?

Tidak dirinci siapakah sosok yang akan menjadi tersangka. Mahfud berharap masyarakat bersabar dan menunggu proses penyidikan oleh Bareskrim Mabes Polri rampung.

Mahfud menilai persoalan Al Zaytun memang harus ditindak secara hukum. Karena itu, dia meminta kepada masyarakat untuk tidak main hakim sendiri. 

Kontroversi yang menyangkut Pesantren Al Zaytun ini mencuat pertama kali lewat beredarnya video aktivitas di internal Pesantren yang mengundang kontroversi publik. 

Video pertama yaitu tentang Mencampur shaf shalat antara jamaah pria dan wanita, di mana jamaah pria dan wanita berdiri sejajar di satu shaf yang sama saat sholat.

Tak hanya itu, jarak antar shaf shalat di ponpes ini jauh dan lebar. Padahal, dalam ajaran Islam shaf antar jamaah haruslah rapat.

Tidak hanya itu, dalam video lain, Pimpinan Al Zaytun, Panji Gumilang pernah mengungkapkan pendapat kontroversial dalam sebuah khotbah, di mana dia menyebut Al-Quran bukan ucapan Allah SWT, melainkan karangan Nabi Muhammad SAW. 

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menjerat pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang, dengan pasal tambahan UU ITE karena diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks. 

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Djuhandhani Rahardjo Puro, mengatakan pasal tambahan ini disangkakan setelah gelar perkara tambahan. (awy)


 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral