Tanggapan Psikolog Soroti Kasus Kakek Pelaku Pencabulan Bocah SD Di Jaktim

Senin, 14 Agustus 2023 - 10:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dari rekaman kamera CCTV nampak kakek berinisial U (72) tengah melancarkan aksi pelecehan terhadap seorang bocah sekolah dasar di sebuah gang di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Pelaku melancarkan aksinya saat kondisi sepi. Meski aksinya sempat dipergokil oleh emak-emak yang tengah melintas, namun pelaku kembali melancarkan aksi bejatnya di sebuah pos yang tak jauh dari lokasi pertama. Akibatnya korban mengalami trauma.


Psikolog Ajeng Raviando pun menjelaskan faktor penyebab seorang lanjut usia melakukan pelecehan terhadap anak kecil.

“Seseorang yang sudah usia lanjut melakukan kekerasan seksual, ini kan pelecehan terhadap seorang anak yang masih di bawah usia remaja gitu ya. Jadi kasusnya adalah bisa saja terjadi ini dilakukan oleh seorang pedofi.,” tutur Ajeng.

Menurut Ajeng, pedofil itu adalah kelainan mental terutama terkait dengan kelainan seksual yang biasanya dilakukan terhadap anak usia di bawah 14 tahun. Pelakunya bisa dari remaja atas sampai lanjut usia.

Namun Ajeng pun menegaskan jika terjadi pelecehan seksual pelakunya belum tentu seorang pedofil.

Menurut Ajeng, bisa saja kondisi relasi kuasa yang memperlihatkan bahwa si korban tidak bisa melawan sehingga membuat pelaku bisa melakukan pelecehan.

“Kalau bukan pedofil sepertinya kondisinya ini disebabkan karena kalau sama anak kecil. Anak kecil kan tidak seperti yang sudah remaja ataupun sudah dewasa ya dia biasanya punya tendensi sulit untuk melawan, jadi di sini ada power abused dari seseorang yang sudah lanjut usia terhadap anak-anak yang menurut pelakunya bisa jadi dia akan lebih sulit untuk minta tolong,” ucap Ajeng. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral