Jokowi Resmi Lantik Letjen Agus Subiyanto Jadi KSAD

Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi melantik Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan ini dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023). 

Upacara pelantikan ini dipimpin langsung Presiden Jokowi, dia tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam lengkap dengan kopiah. 

Adapun pengangkatan Agus Subiyanto sebagai KSAD tertuang di dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 89/TNI/2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Proses pelantikan ini pun disaksikan langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bhakti saya kepada bangsa dan negara," kata Agus Subiyanto, mengikuti ucapan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," tandas dia.

Sebagai informasi, posisi Kepala Staf Angkatan Darat yang diemban oleh Agus Subiyanto ini menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Berdasarkan pantauan tim tvOnenews.com, hadir pula sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam pelantikan tersebut, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury. 

Kemudian juga hadir, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral