Kemenlu Berhasil Evakuasi Keluarga WNI dari Gaza

Senin, 13 November 2023 - 08:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan keberhasilan evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza, Palestina yang menjadi pusat konflik antara Tentara Israel dan kelompok Hamas.

Keluarga atas nama Muhammad Hussein itu terdiri dari seorang suami, dua anak-anak, dan satu istri.

"Sekitar pukul 18.00 WIB, saya memperoleh laporan bahwa mereka berhasil dievakuasi," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers dari Riyadh, Arab Saudi.

"Saat ini, beliau-beliau ini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi KBRI Mesir. Selanjutnya mereka akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kembali ke Indonesia," sambungnya.

Retno mengatakan proses evakuasi satu keluarga WNI ini memakan waktu cukup lama.  Nama Hussein sempat tidak ada di dalam daftar WNI yang harus dievakuasi.

Alhasil, tim evakuasi pun berusaha keras memasukkan nama tersebut ke dalam daftar, suatu proses yang memakan waktu sangat panjang. 

Saat namanya masuk daftar pun, evakuasi belum dapat dilakukan karena pintu perbatasan Gaza tidak dibuka dengan berbagai alasan situasi di lapangan.

Proses panjang ini sekali lagi menunjukkan bahwa proses evakuasi individu dari Gaza, termasuk WNI, sangat tidak mudah. Namun, tim evakuasi Pemerintah RI terus melakukan upaya secara maksimal. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral