Nyamuk Wolbachia Datang, DBD Hilang?

Kamis, 30 November 2023 - 13:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Penyebaran nyamuk yang terinfeksi bakteri Wolbchia menjadi salah satu cara baru yang digagas Kementerian Kesehatan untuk menekan angka penularan kasus demam berdarah.

Namun pelepasan nyamuk Wolbachia mendapat penolakan di sejumlah daerah karena ada kekhawatiran dampak kesehatan jangka panjang yang ditimbulkan dari nyamuk tersebut.

Pelepasan nyamuk Wolbachia di sejumlah daerah yang memiliki riwayat jumlah kasus DBD tinggi memicu pro dan kontra di masyarakat.

Di Bali pemerintah daerah terpaksa menunda penebaran nyamuk Wolbachia sampai batas waktu yang belum ditentukan, menyusul adanya penolakan dari masyarakat setempat.

Sedianya program uji coba pelepasan 200 juta telur nyamuk Wolbachia di Kota Denpasar dan Kabupaten Buleleng dilaksanakan pada 13 November lalu.

Namun akhirnya dibatalkan sebab sejumlah warga mengaku khawatir akan dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh keberadaan nyamuk tersebut.

Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan wajar warga menolak penerapan Wolbachia ini. Apalagi menurutnya efektivitas penerapan Wolbachia untuk pengendalian DBD belum terbukti secara ilmiah. 

Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) RI menggelontorkan dana senilai Rp16 miliar untuk implementasi uji coba inovasi nyamuk ber-Wolbachia dalam upaya menekan laju kasus dengue di lima kota di Indonesia. 

Wolbachia adalah bakteri yang sangat umum dan terdapat secara alami pada 50 persen spesies serangga, termasuk beberapa nyamuk, lalat buah, ngengat, capung, dan kupu-kupu.  

Wolbachia aman bagi manusia dan lingkungan. Analisis risiko menunjukkan bahwa pelepasan nyamuk ber-Wolbachia menimbulkan risiko yang dapat diabaikan terhadap manusia dan lingkungan. 

Wolbachia hidup di dalam sel serangga dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui telur serangga.  

Nyamuk Aedes aegypti biasanya tidak membawa Wolbachia, namun banyak nyamuk lainnya yang membawa Wolbachia. 

Cara pencegahan Dbd dengan menggunakan Nyamuk wolbachia dimulai dengan menyebarkan bibit nyamuk yang sudah dikontaminasi bakteri Wolbachia. 

Bibit pun berkembang jadi nyamuk dewasa. Nyamuk jantan yang membawa bakteri Wolbachia kawin dengan nyamuk betina, virus dengue pada nyamuk betina pun bisa lumpuh. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral