BMKG: Masyarakat Diminta Waspada Hadapi Bencana

Selasa, 16 Januari 2024 - 09:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Cuaca ekstrem yang tengah melanda sejumlah wilayah di  Indonesia membuat pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta kepada masyarakat untuk waspada dalam menghadapi bencana. 

Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG menjelaskan penyebab cuaca ekstrem yang melanda Indonesia dikarenakan adanya 3 dinamika atmosfer. 

Adapun hal yang pertama yaitu adanya gelombang rossby ekuator ke arah timur lalu gelombang kelvin yang ditambah oleh madden julian oscillation. 

Bahkan, pihak BMKG pada pagi ini (16/1/2024) telah mendeteksi lahirnya siklon tropis anggrek yang posisinya ada di Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu. 

Sehingga hal ini akan memberikan dampak berupa gelombang tinggi  kepada wilayah  Samudra Hindia yang dimana hal ini perlu diwaspadai.  

Pihak BMKG pun berharap kepada masyarakat untuk mengenali lingkungan tempat tinggalnya, apakah lingkungan tempat tinggalnya itu adalah daerah rawan bencana ataupun daerah cekungan-cekungan air, daerah yang memiliki tingkat kerentanan terhadap bencana yang tinggi. 

Tentu dengan mengenali lingkungan sekitarnya, menjadi salah satu usaha yang besar untuk memitigasi bencana cuaca ekstrem. 

Selain itu pihak BMKG juga berharap, masyarakat lebih memanfaatkan informasi terkait melalui aplikasi atau call center serta datang langsung ke kantor-kantor BMKG terdekat yang tersebar di wilayah Indonesia. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral