Civitas Akademika UGM Kecewa dengan Presiden Jokowi

Kamis, 1 Februari 2024 - 11:36 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Para guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengeluarkan petisi untuk Presiden Joko Widodo. Mereka menilai,  Presiden Jokowi telah menyimpang dari prinsip dan moral demokrasi. 

Para guru besar dan sivitas akademika UGM membacakan petisi tersebut pada Rabu (31/1/2024) di Balairung UGM, Sleman, Yogyakarta. 

Petisi menyatakan, sebagai alumni UGM Presiden Joko Widodo tidak berpegang pada jati diri UGM yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi pancasila. 

Para guru besar mendesak presiden dan juga aparat penegak hukum pejabat negara serta aktor politik di belakang presiden untuk kembali pada koridor demokrasi. 

“Kami menyesalkan tindakan-tindakan menyimpang yang terjadi Pemerintah Jokowi yang juga merupakan bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada (UGM).  Pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi (MK), keterlibatan sejumlah aparat penegak hukum dalam berbagai demokrasi perwakilan yang sedang berjalan dan pernyataan kontradiktif pembenaran-pembenaran presiden tentang keterlibatan pejabat publik dalam kampanye politik serta netralitas dan keberpihakan merupakan wujud penyimpangan dan ketidakpedulian akan prinsip demokrasi,” ucap Profesor Koentjoro selaku guru besar UGM. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral