Gelombang Kritik Kampus Untuk Jokowi

Minggu, 4 Februari 2024 - 08:49 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat dan juga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar aksi damai di kampusnya masing-masing.

Mereka meminta pemerintah menyelenggarakan pemilu damai dan menghentikan praktik politik uang.

Sejumlah universitas kembali menggelar aksi damai untuk mendorong pemerintahan Joko Widodo menggelar pemilu secara bersih, jujur, dan adil.

Salah satu universitas tersebut adalah universitas Padjadjaran Bandung Jawa Barat.

Dalam seruannya, mereka mengeluarkan tujuh poin utama yang salah satunya mema Presiden Joko Widodo menjaga netralitas dan menegakkan kepatuhan hukum Pemilu 2024.

Selain perwakilan guru besar yang menyatakan sikap, para mahasiswa pun menyatakan sikap menyatakan sikap diantaranya memberikan peringatan bahwa negara ini tidak sedang baik-baik saja dan meminta rakyat menggunakan suaranya untuk memilih calon-calonnya yang kompeten.

Sementara di Bantul Yogyakarta, Dewan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan petisi UMY dalam bentuk pesan kebangsaan dan imbauan moral kepada seluruh penyelenggara negara.

Berdasarkan analisis dewan guru besar UMY banyak terjadi pelanggaran konstitusi dan hilangnya etika bernegara.

Oleh karena itu dewan guru besar UMY menilai mereka harus bersuara dan menyampaikan pesan, kritik, dan imbauan menjelang dihelatnya Pemilu Februari 2024.

anti Selain itu Dewan Guru Besar UMY mendesak Presiden Joko Widodo untuk menjalankan peran konstitusionalnya demi mewujudkan pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil jauh dari kecurangan. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral