Intip Penampakan Masjid Peninggalan Raja Keraton Surakarta yang Berusia Satu Abad

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:41 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Masjid tua peninggalan raja Keraton Surakarta Pakubuwono X yang berada di Boyolali, Jawa Tengah hingga kini masih berdiri kokoh meski sudah mengalami beberapa kali renovasi.

Masjid yang sudah berusia 1 abad ini ramai dikunjungi jemaah.

Masjid Cipto Mulyo berada di Desa Pengging Kecamatan Banyudono, Boyolali Jawa Tengah.

Masjid yang dibangun oleh Raja Keraton Surakarta Pakubuwono X tersebut umurnya sudah lebih dari 1 abad karena dibangun pada Selasa Pon 14 Jumadil Akhir 1838 Tahun J atau sekitar tahun 1905 masehi.

Bangunan masjid Cipto Mulyo dibangun dengan menampilkan desain Jawa kuno yaitu berbentuk limasan dan menyerupai pendopo dan terlihat dari luar di bagian atas tertulis PBX.

Masjid ini memiliki lima pintu utama yang semuanya terletak di bagian depan bangunan masjid.

Di atas setiap pintu diberi ukiran-ukiran yang disisipkan tulisan PB X sebagai tanda bahwa masjid tersebut dibangun pada masa pemerintahannya.

Selain bedug dan kentongan yang diberi tanda tulisan Jawa dan juga PB X, hingga kini masih dipergunakan bahkan berfungsi dengan baik.

Setiap waktu salat masjid ini selalu di warga yang akan melakukan salat berjamaah.

Bahkan usai salat banyak warga yang menggunakan waktunya untuk membaca Al Quran dan juga beristirahat, apalagi di saat bulan puasa seperti saat ini ini.

Meski sudah mengalami beberapa kali renovasi namun bentuk masjid yang berusia sekitar 118 tahun tersebut masih asli seperti saat awal dibangun.

Bahkan konstruksi kayu dan bangunan juga belum berubah dan letaknya pun dikelilingi sungai yang airnya sangat jernih. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral