Woow! Trump Minta Wartawan Lepas Masker di Gedung Putih | tvOne

Rabu, 9 September 2020 - 11:17 WIB

Washington DC, Amerika Serikat – Presiden Donald Trump meminta seorang wartawan melepas masker ketika bertanya kepadanya di Gedung Putih. Insiden tersebut terjadi dalam sesi tanya jawab Pers dengan Presiden Amerika Serikat, Senin, 7 September 2020.

Mantan pengusaha itu meminta jurnalis yang sedang berbicara dengannya melepas masker karena pertanyaan darinya kurang terdengar.

Saat itu yang sedang bertanya adalah wartawan Reuters, Jeff Mason.

“Anda harus melepasnya, tolong. Bisa dilepas saja. Anda berapa meter dari saya?” ujar Trump

Mason menjawab, “Saya coba lebih lantang.”

“Jika tidak dilepas, suara Anda teredam, jadi jika dilepas akan lebih mudah,” Trump mencoba menjelaskan alasannya.

Mason bersikeras tidak ingin menanggalkan maskernya dan memilih berbicara lebih keras.

“Saya coba lebih lantang. Lebih baik?,” jawab Mason lagi.

“Lebih baik, ya. Lebih baik,” kata Trump akhirnya mengalah.

Setelah Mason, ada wartawan lain yang mengajukan pertanyaan kepada Presiden AS itu. Namun kali ini jurnalis tersebut melepas masker ketika berbicara. Trump memujinya.

“Kau terdengar sangat jelas. Itu seharusnya dilakukan yang lain, tetapi ia menolak,” sindirnya.

Sementara itu Jeff Mason menilai reaksi Trump sebagai hal yang lumrah. Sebab saat konferensi pers berlangsung, wartawan tidak menggunakan pengeras suara. Sehingga wajar jika Trump kurang mendengar dan meminta orang yang berbicara dengannya dari kejauhan melepas masker.

Donald Trump pernah bersumpah tidak akan mewajibkan warga AS untuk mengenakan masker dalam mencegah penularan virus corona, pada bulan Juli 2020. Kepada salah satu media di negaranya Trump mengaku tidak setuju dengan perintah pemakaian masker skala nasional. Menurutnya warga memiliki kebebasan untuk memilih. Di sisi lain, mayoritas pemimpin daerah di Amerika Serikat mewajibkan penduduknya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Trump memang acap kali tidak mengenakan masker saat berkegiatan. Tetapi ia pernah terlihat menggunakannya di hadapan publik ketika mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed di sekitar Washington.

“Saya tidak pernah menolak masker, tetapi saya yakin ada faktor waktu dan tempat untuk memakainya,” ujar Trump pada Sabtu, 11 Juli 2020 lalu. (act)

(Lihat juga: AS Tuding China Bangun Pangkalan Militer di RI, Benarkah?)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral