Simulasi H6 Cina Bom Sasaran Serupa Pangkalan AS, China Provokasi AS | tvOne

Selasa, 22 September 2020 - 11:23 WIB

Beijing, Cina – Militer Cina merilis video pendek simulasi serangan udara pesawat pengebom H-6 yang membombardir sebuah sasaran serupa pangkalan militer Amerika Serikat di Pulau Guam.

Dalam video berdurasi 2 menit 15 detik itu ditunjukkan bagaimana pesawat bomber nuklir H-6 milik Cina lepas landas dari sebuah pangkalan militer di padang pasir menuju target di kawasan Pasifik. Rekaman dilengkapi dengan latar musik yang serius dan dramatis seperti cuplikan film Hollywood.

Di tengah video, seorang pilot menekan tombol dan melepaskan misil di landasan pacu pantai yang tidak disebutkan namanya. Namun peta satelit yang tampil di video menyerupai pangkalan militer Andersen kepunyaan Amerika, yang terletak di Pulau Guam.

Rudal pun mendarat di landasan pacu. Musik tiba-tiba berhenti saat gambar tanah bergetar muncul, diikuti oleh pemandangan ledakan dari udara.

"Kami adalah pembela keamanan udara ibu pertiwi; kami memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk selalu mempertahankan keamanan langit ibu pertiwi," tulis Angkatan Udara Cina dalam deskripsi singkat untuk video tersebut.

Guam adalah rumah bagi fasilitas militer utama AS di kawasan Asia Pasifik. Pulau tersebut dipersenjatai berbagai alat utama sistem pertahanan atau alutsista termasuk pangkalan udara. Pangkalan militer Andersen juga menjadi pusat komando AS di Asia Pasifik yang akan menjadi kunci untuk menanggapi konflik apa pun di wilayah tersebut. Terutama bila situasi di Laut Cina Selatan dan Taiwan memburuk.

Video simulasi yang diunggah oleh akun Weibo Angkatan Udara Pasukan Pembebasan Rakyat Cina itu dirilis dengan judul, “The God of War H-6K Goes on The Attack”.

Tayangan itu dikeluarkan di hari kedua ketika Cina melakukan latihan di dekat Taiwan yang diklaim Cina. Tindakan ini diduga untuk mengungkapkan kemarahan Beijing atas kunjungan seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS ke Taipei.

Baik Kementerian Pertahanan Cina maupun Komando Indo-Pasifik AS tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari video tersebut.

Pesawat H-6 telah terlibat dalam beberapa penerbangan Cina di sekitar dan dekat Taiwan, menurut angkatan udara Taiwan, termasuk penerbangan minggu lalu. H-6K adalah model pesawat pengebom terbaru, yang didasarkan pada Tu-16 Soviet tahun 1950-an. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral