Dua Nelayan Gaza Ditembak Mati Oleh Angkatan Laut Mesir | tvOne

Senin, 28 September 2020 - 11:42 WIB

Gaza, Palestina,- Ratusan pelayat mengantarkan jenazah dua nelayan palestina yang ditembak mati oleh angkatan laut mesir ke pemakamannya.

Pemakaman dua nelayan Palestina yang ditembak mati oleh angkatan laut Mesir digelar di pusat kota Gaza, Minggu 27 September 2020, dihadiri ratusan pelayat. Jenazah kakak beradik itu dikembalikan otoritas Mesir melalui jalur laut Rafah.

Pihak keluarga menyesalkan insiden ini karena tak percaya mereka ditembak oleh militer Mesir yang mereka anggap sebagai saudara.

Keluarga menyebut jika kedua nelayan itu mencari ikan  di perairan mesir seharusnya hanya  diberikan peringatan saja.

Sementara itu Hamas mengecam aksi kekerasan terhadap warga Palestina yang susah payah mencari nafkah untuk keluarganya.  Hamas juga meminta Mesir untuk melakukan penyelidikan atas insiden ini.

Sebelumnya, Koordinator Komite Nelayan Gaza, Zakariya Baker mengatakan bahwa ketiga nelayan itu memasuki laut pada Kamis malam dan ditembak pada Jumat pagi.

Peristiwa itu bermula saat tiga orang bersaudara sedang memancing pada hari Jumat di Laut Mediterania di lepas Jalur Gaza, tepatnya di sebidang tanah padat yang terjepit di antara Mesir dan Israel, saat kapal yang mereka tumpangi  terkena tembakan.

"Dua orang tewas dan tubuh mereka dikembalikan ke Gaza oleh pasukan Mesir," kata serikat itu. Seorang lagi, saudara ketiga, dikabarkan terluka dan dirawat di Mesir, seperti dikutip dari AFP.

Menurut Nizar Ayyash, ketua serikat nelayan Gaza, angkatan laut Mesir mengikuti perahu nelayan tersebut dan menembaki mereka setelah menyeberang ke perairan Mesir.

Ayyash menambahkan, ketiga nelayan itu bersaudara dan tinggal di Deir Al-Balah, sebuah kota di Gaza tengah. Menurut serikat nelayan, sekitar 50.000 warga Gaza mencari nafkah melalui penangkapan ikan. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral