Sebuah Bus Terbakar di Tol Cipali, Api yang Berkobar Dengan Cepat Membakar Seluruh Badan Bus | tvOne

Jumat, 16 Oktober 2020 - 09:14 WIB

Subang, Jawa Barat – Sebuah Bus Penumpang habis terbakar di kilometer 84 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya di Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Kamis 15 Oktober 2020 sekitar pukul 10.30 WIB. Api yang berasal dari kap mesin berkobar dan dengan cepat membakar seluruh badan bus.

Ketika Tim Pemadam Kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta tiba, bus hampir tinggal rangkanya saja. Mereka kemudian berusaha memadamkan si jago merah yang semakin besar.

Sementara sopir bus PO Widia bernomor polisi Z 7975 B, Rahmat Soleh, menceritakan kejadiannya.

“Berawalnya itu di  bawah ada asap kurang lebih 100 meter saya berhenti, dilihat, dikontrol, penumpang dikeluarin semua. Saat saya buka kap mesin, tiba-tiba api keluar,” katanya saat Petugas Pemadam berupaya menanggulangi api yang membakar busnya.

Rahmat tak bisa menjelaskan apa yang mencetuskan api di mesin bus jurusan Raja Galuh Cikarang ini. Namun ia mengatakan seluruh penumpangnya dalam kondisi baik.

“Kita kurang tahu dari apa. Saya bawa kurang lebih 10 penumpang, semuanya selamat,” ujar Rahmat.

Selama proses pemadaman, petugas menutup sementara arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon. Kejadian ini mengakibatkan kemacetan cukup panjang.

Api berhasil dikendalikan sekitar setengah jam kemudian dan dilanjutkan dengan proses pendinginan. Tak ada yang tersisa dari bus ini kecuali rangkanya. Petugas pun langsung mengevakuasi bangkai angkutan umum ini ke Pos Derek Gerbang Tol Cilameri. Sementara penumpang bus nahas melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing dengan menggunakan bus Widia lainnya.

Polisi kini tengah menyelidiki kasus terbakarnya bus PO Widia di Tol Cipali. Dugaan awal penyebabnya adalah korsleting pada komponen kelistrikan bus. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral