Krisis Palestina Israel, Warga dan Petani Zaitun Bentrok Dengan Tentara Israel | tvOne

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:43 WIB

Tepi Barat, Palestina – Krisis antara Palestina dan Israel masih terus berlanjut. Kali ini warga bersama petani zaitun bentrok dengan tentara Israel dan pemukim Yahudi di Tepi Barat di tengah panen zaitun tahunan.

Bentrokan terjadi pada Jumat, 16 Oktober 2020 siang. Insiden tersebut diyakini terjadi karena saling klaim berhak panen perkebunan zaitun yang terletak di perbukitan dekat Desa Burqa yang berada di Tepi Barat.

Pemukim Israel yang tinggal dekat lokasi tersebut merasa berhak memanen zaitun karena buah dan pohon tersebut berada di dekat rumah mereka. Tetapi di saat yang sama, sekelompok warga Palestina yang merupakan aktivis mengawal petani zaitun ke ladang tersebut untuk memanen buah ini. Warga  memberi perlindungan pada petani Palestina yang juga merasa berhak mengambil hasil tanam. Para aktivis berupaya menjaga petani Palestina dari konfrontasi dengan penduduk Yahudi.

Pemukim Yahudi dan warga  Palestina saling serang dengan melemparkan batu dan kayu.

Kemudian api menyala di semak kering ini dan mengakibatkan kebakaran ladang.

Tentara Israel datang menembakkan gas air mata dan granat kejut ke arah kerumunan aktivis dan petani zaitun. Mereka berusaha memukul mundur warga Palestina. Tim medis melaporkan, ada puluhan orang yang mengalami luka akibat insiden ini.

Panen zaitun di Tepi Barat sering diwarnai kekerasan oleh penduduk Yahudi yang juga tinggal di wilayah ini. Hampir setiap tahun di masa panen, terjadi insiden semacam ini. Kedua belah pihak merasa yang paling berhak memanen buah khas Timur Tengah itu.

Pemerintah Israel mendukung dan melindungi warganya. Mereka bahkan mengerahkan militernya untuk mencegah masyarakat Palestina memasuki ladang zaitun di Tepi Barat. Padahal pemilik lahannya adalah orang Palestina.

Masa panen zaitun dimulai akhir September. Saat itu pemerintah Israel menempatkan tentara-tentaranya di perkebunan zaitun tersebut. Padahal warga Palestina di Tepi Barat sangat mengandalkan zaitun untuk kehidupan mereka. (act)

(Lihat juga: DUA NELAYAN GAZA DITEMBAK MATI OLEH ANGKATAN LAUT MESIR

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral