Viral! Video Polisi Saling Pukul dengan Polisi Lainya Saat Amankan Demonstran di Jambi | tvOne

Rabu, 21 Oktober 2020 - 17:27 WIB

Jambi – Sebuah video yang mengabadikan cekcok petugas dengan seorang pria berpakaian sipil saat mengamankan unjuk rasa di Jambi, viral di media sosial. Tersiar kabar bahwa mereka yang saling pukul dalam rekaman tersebut merupakan sesama polisi.

Menanggapi hal tersebut, Polda Jambi membantah tudingan adanya polisi yang menyamar sebagai mahasiswa.

“Itu tidak benar yang kita amankan mahasiswa salah satu universitas di Jambi. Benar mahasiswa yang kita amankan bukan dari anggota kami yang menyamar sebagai mahasiswa. Tidak benar itu anggota saling pukul,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi.

Senada dengan Kuswahyudi, Kepala Biro Penerangan Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono juga membantah hal tersebut. Menurutnya, seorang perwira yang kena pukul anggota Sabhara sedang berusaha melindungi mahasiswa yang ditangkap.

“Kebetulan yang mengamankan mahasiswa ini adalah dari perwira intel Brimob. Saat diamankan itulah ada anggota Sabhara dalmas yang berusaha memukul mahasiswa ini dan oleh perwira tersebut dihalangi sehingga yang terjadi kan sempat anggota dipukul kan, diviralkan itu kan, dinarasikan bahwa polisi dipukul sama polisi. Katanya polisi nyamar segala. Itu tidak betul. Itu betul-betul mahasiswa suatu universitas. Kemudian kesalahpahaman itu sudah selesai,” kata Awi di Jakarta, Rabu.

Di video yang kini viral itu terlihat sekelompok personel kepolisian menangkap seorang mahasiswa berjaket almamater hijau. Kejadian ini berlangsung di sela-sela unjuk rasa menolak Omnibus Law yang berujung bentrok di halaman Gedung DPRD Jambi pada Selasa sore, 20 Oktober 2020.

Kemudian nampak sejumlah personel Sabhara yang terlibat konfrontasi fisik dengan seorang lainnya. Akibat insiden kemarin, seroang perwira Brimob mengalami luka akibat terkena pukulan. Setelah demo tolak Undang-undang Cipta Kerja di Jambi usai, 28 orang dimintai keterangan.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jambi Kombes Pol M Yudha Setia Budi mengatakan, para pelaku kerusuhan yang berujung bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa kini diamankan di Mapolda Jambi. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral