Pemerintah Kerajaan Arab Saudi Membuka Kembali Umroh, Rombongan Indonesia Mulai Berangkat | tvOne

Minggu, 1 November 2020 - 13:57 WIB

Tangerang,- Hari ini Minggu 1 November 2020, Pemerintah arab saudi membuka penyelenggaraan ibadah umrah tahap ketiga di tengah pandemi covid-19. Pada tahap ketiga ini pemerintah Arab Saudi mulai memberlakukan kapasitas jamaah umrah hingga 100 persen dengan protokol kesehatan ketat.

Indonesia menjadi salah satu negara yang diizinkan untuk mengirimkan jemaah umrah. Dan hari ini rombongan pertama jemaah umrah asal indonesia mulai bertolak ke arab Saudi dari bandara Soekarnoa Hatta, Tangerang, Banten.

Sejumlah syarat ditetapkan oleh pemerintah arab Saudi, salah satunya usia jamaah yang boleh umrah berusia 18 tahun hingga 50 tahun. Dan jika mengacu pada aturan itu, dari total 59.957 jamaah asal Indonesia yang teregistrasi, hanya 44 persen yang memenuhi syarat usia.

Selain usia, Pemerintah Arab Saudi juga menetapkan syarat jamaah harus memiliki bukti PCR atas tes swab. Setelah sampai di Jeddah, jemaah akan menjalani isolasi selama tiga hari. Dan untuk keberangkata hanya diperbolehkan menggunakan maskapai saudi airlines.

Jemaah Indonesia menyambut baik dibukanya ibadah umrah. Ugung, salah seorang Jemaah umrah dari Purwokerto, Banyumas, Jawa tengah mengatakan telah melengkapi semua yang dipersyaratkan, yakni visa, dan hasil tes swab.

Sementara itu, calon Jemaah umrah dari Madura, Numah mengatakan seluruh persyaratan sudah dilengkapi, termasuk hasil tes swab. “Kami ga menungkiri soal covid takut, tapi setelah keluarga ikhlas dan ridho, saya langsung kemasi barang untuk persiapan berangkat,” kata Numah. (ito)

(Lihat Juga: Sebuah mobil terobos masjidil haram)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral