Perjalanan Karir Joe Biden, Politikus yang Berasal Dari Kota Industri

Rabu, 4 November 2020 - 12:26 WIB

Jakarta – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden adalah seorang politikus yang berasal dari kota industri. Seperti apa perjalanan kariernya?

Joseph Robinette Biden telah melalui perjalanan panjang dari tempat asalnya yang merupakan kota industri, Scranton, Pennsylvania. Pria yang menjadi Wakil Presiden ke-47 AS ini sekarang mengikuti Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020. Ia maju melalui Partai Demokrat.

Biden yang kini berusia 77 tahun menjalani masa kecil di Scranton pada tahun 1950-an. Saat itu kotanya mengalami kemerosotan ekonomi. Warga pun memutuskan angkat kaki dari Scranton demi peluang hidup lebih baik.

Di antara mereka yang eksodus adalah Joe Biden kecil yang pindah ke Wilmingtone, Delaware. Di sini Biden perlahan menggapai harapan. Ia menuntut ilmu sampai mendapat gelar bidang hukum di Syracuse Universitu College of Law. Kemudian Biden menjadi anggota Partai Demokrat. Menginjak usia 29 tahun, Joe Biden terpilih menjadi senator sampai 36 tahun kemudian.

Kariernya dalam politik kian melejit ketika dalam pilpres tahun 2008, Senator Illinois Barack Obama menggaetnya sebagai Calon Wakil Presiden. Mereka memenangkan pemilu dan Biden menjadi wapres ke-47 AS.

Presiden Barack Obama menganugerahinya medali kebebasan kepresidenan dengan tanda kehormatan. Ini adalah penghormatan tertinggi pemerintah Amerika Serikat untuk warga sipil. Medali tersebut diberikan kepada individu yang dianggap memberikan kontribusi dan jasa besar bagi keamanan atau kepentingan nasional AS juga pada perdamaian dunia.

Joe Biden maju di Pilpres Amerika 2020 bersama Kamala Harris, wanita keturunan Asia yang pertama di Pilpres AS. Keduanya berjanji mengatasi pandemi Covid-19 tanpa lockdown terhadap warga, tetapi cukup lockdown terhadap virus corona. Mereka menyebut kebangkitan China sebagai tantangan serius. Mereka sangat mendukung strategi "kontraterorisme plus", pendekatan yang menekankan pada memerangi jaringan teroris di negara-negara asing dengan kelompok kecil pasukan khusus dan serangan udara agresif alih-alih penempatan pasukan dalam jumlah besar. (act)

(Lihat juga: AKAN MEMPENGARUHI SEGALA ASPEK TERKAIT PILPRES AMERIKA, TRUMP VS BIDEN SIAPA YANG AKAN MENANG?)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral