Polisi Lakukan Olah TKP Kecelakaan Maut yang Menewaskan 10 Orang di Tol Cipali | tvOne

Senin, 30 November 2020 - 17:38 WIB

Purwakarta, Jawa Barat – Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut yang menewaskan 10 orang di ruas tol Cikopo—Palimanan tepatnya di kilometer 78, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin dini hari, 30 November 2020. Untuk mengetahui kronologi kejadian dari berbagai sisi, polisi menggunakan alat tiga dimensi.

"Kita baru selesai olah TKP dengan metode TAA (Traffic Accident Analysis). Jadi penyebab kecelakaannya juga belum tahu jelas kenapa,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djunaedi.

Hasil analisis TAA akan disinkronkan dengan keterangan para saksi, sehingga petugas dapat memastikan penyebab kecelakaan beruntun ini.

Polisi juga tengah menyelidiki mengapa ada barang-barang tak lazim seperti pipa, selang besar, dan motor.

“Kita juga belum mengetahui apakah mobil elf tersebut kendaraan travel atau bukan," tambah Eddy.

Akibat kecelakaan di Tol Cipali itu, delapan orang meninggal dunia di tkp. Sedangkan dua korban lainnya, mengembuskan napas terakhirnya saat berada dalam penanganan medis.

"Korban meninggal dunia jadi 10 orang. Dua yang luka berat meninggal saat dalam penanganan medis," tuturnya.

Kepala Satuan Lantas Polres Purwakarta, AKP Toto mengungkapkan bagaimana kecelakaan maut itu terjadi. Dia meyakini hal tersebut erat kaitannya dengan truk kontainer yang berada di paling depan. Kendaraan besar itu mengalami masalah, tetapi sopir menghentikan truk di jalur lambat, bukan di bahu jalan.

“Kronologis kejadiannya diduga kendaraan truk trailer trouble rem, berhenti. Tidak ada usaha untuk ke pinggir. Datang dari arah belakang kendaraan tronton yang membawa barang menabrak bagian belakangnya. Dan di belakang tronton ada mobil minibus travel membawa penumpang. Akhirnya menabrak yang tronton. Yang terlibat kecelakaan tiga kendaraan,” kata Toto.

Adapun tiga kendaraan tersebut merupakan satu unit minibus dengan nomor polisi G-1261-D, dan dua unit truk bernomor polisi R-1857-GC dan B-9010-UEJ.

Sementara itu berdasarkan hasil identifikasi, sebagian besar para korban meninggal dunia berasal dari daerah Jawa Tengah. Namun dari sepuluh korban, baru delapan orang yang berhasil dikenali identitasnya. 

Dari delapan korban yang telah teridentifikasi, empat korban berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Salah satunya yakni sopir minibus bernama Tutur Ehwan Setiawan (43), dan tiga adalah penumpang yakni Saepudin (41), Rasbowibowo (55), dan Vina  (25).

Kemudian tiga korban lainnya yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah, yakni penumpang bernama Kiswoyo (47), Sudirjo (47), dan Sumitri (60). Lalu, terakhir penumpang bernama Afrizal (45) yang berasal dari Tanah Datar, Sumatera Barat. (act/ant)

(Lihat juga: 10 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN BERUNTUN DI TOL CIPALI)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral