GAWAT! Indonesia Masuk Dalam Daftar 20 Besar di Dunia Kasus Corona, Benarkah? | tvOne

Kamis, 28 Januari 2021 - 14:52 WIB

Jakarta – Indonesia resmi masuk dalam daftar 20 besar negara dengan kasus corona tertinggi dunia. Indonesia juga tetap menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 20 besar yang dirilis www.worldometers.info.

Indonesia terdaftar dalam 20 besar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi dunia setelah melewati satu juta kasus positif SARS-CoV-2. Kondisi ini terjadi pada Selasa, 26 Januari 2021 lalu, saat penambahan kasus di tanah air tercatat lebh dari 13 ribu kasus dalam sehari.

Indonesia bercokol di urutan 19, satu peringkat di atas Belanda dan di bawah Peru, saat diakses pada Selasa.

Hingga Rabu (27/1) data Covid-19 nasional mencatat 1.024.298 kasus positif di dalam negeri.

Kekhawatiran bahwa jumlah tersebut bukan angka kasus sesungguhnya, ditepis Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

WIku mengatakan potensi kasus Covid-19 yang under-reported atau kurang dilaporkan masih ada, tetapi jumlahnya semakin sedikit.

"Potensi kasus under-reported tentu masih ada. Tapi dari waktu ke waktu sudah berubah dengan cepat dan baik," kata Wiku di Jakarta, Rabu di Istana Kepresidenan.

Kasus Covid-19 under-reported terjadi, di mana kasus yang dilaporkan lebih sedikit dari kenyataannya.

Dia mengatakan keterlambatan data Covid-19 dari daerah ke pusat semakin hari semakin kecil terjadi, sehingga kondisi pelaporan data Covid-19 yang ada saat ini relatif riil.

"Jadi kondisi sekarang relatif riil," ujar dia.

Menurut Wiku, tantangan yang ada bagi negara besar seperti Indonesia saat ini adalah melakukan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment.

Namun Pemerintah sudah membuat upaya penambahan laboratorium rujukan untuk menambah kapasitas testing, selanjutnya juga memastikan tracing dengan manajemen dan SDM yang baik, dan dari sisi treatment juga menambah jumlah tempat tidur khusus Covid-19.*

Yang menjadi ironi adalah, Indonesia merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 20 besar ini. Sementara di posisi puncak, ada Amerika Serikat dengan jumlah kasus positif lebih dari 26 juta orang, serta angka kematian terbanyak yakni mencapai 1,3 juta orang.

Sementara India menjadi negara Asia selain Indonesia yang ada dalam daftar tersebut. (act)

Lihat juga: TEMBUS 1 JUTA KASUS CORONA, MENKES MINTA MASYARAKAT KERJA KERAS JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral