Detik-detik Banjir & Longsor di Kawasan Ijen, Bawa Material Batu & Kayu | tvOne

Rabu, 3 Februari 2021 - 09:41 WIB

Bondowoso, Jawa Timur – Sungai Blawan di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, banjir. Airnya yang sangat deras menghanyutkan material berupa batu dan kayu. Detik-detik terjadinya banjir tersebut diabadikan oleh warga melalui kamera ponselnya. Selain banjir, guyuran hujan deras di daerah pegunungan ini juga mengakibatkan sejumlah lokasi longsor.

Akibat banjir bandang dan longsor itu, jalur menuju kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur, terputus dan tertutup berbagai material seperti batu, tanah, dan kayu.
Banjir serta longsor yang terjadi sekitar Senin, 1 Februari 2021, pukul 17.00 WIB itu menyebabkan jalan rusak dan tertutup material longsor, tepatnya di Jembatan Kali Pahit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Sesuai informasi yang kami terima dari Camat Ijen, memang demikian, banjir dan longsor menutup akses, baik menuju Kawah Ijen maupun sebaliknya," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Adi Sunaryadi saat dihubungi di Bondowoso, Senin malam.

Atas dasar informasi itu, kata Adi, pihaknya telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat ke lokasi banjir dan titik longsor yang mengakibatkan akses menuju wisata Ijen tertutup.

Mengenai informasi kendaraan minibus yang terjebak banjir dan longsor yang menutup akses jalan di Jembatan Kali Pahit, katanya, masih dilakukan pengecekan.

"Kalau kendaraan terjebak itu, karena tidak bisa melintas akibat banjir dan longsor yang menutup jalan, saat ini kami juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat," katanya.

Petugas gabungan dikerahkan untuk membersihkan material longsor agar lalu lintas kembali normal.

 “Titik (longsornya) ada empat. Yang sudah dapat dipinggirkan oleh alat berat, satu. Ini yang kedua.

Akses ke Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso tertutup longsor,” ujar Kapolsek Ijen, AKP Hadi Siswoyo.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, tetapi pemerintah kabupaten setempat mengimbau warga untuk tetap waspada terjadinya bencana. (act)

Lihat juga: DIGUYUR HUJAN SEMALAMAN, JEMBATAN DI GUNUNG KIDUL AMBROL

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral