Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa, Sejumlah Rumah Ditinggal Pemiliknya | tvOne

Kamis, 4 Februari 2021 - 09:25 WIB

Jepara, Jawa Tengah – Banjir masih merendam wilayah Jepara, Jawa Tengah, terutama di desa Dorang, Kecamatan Nalumsari. Banyak rumah warga terpaksa ditinggalkan pemiliknya karena mengungsi ke sanak famili yang lebih aman. Banjir juga mengakibatkan lahan padi seluas 150 hektar gagal panen.

Sejumlah petugas dari Polres Jepara melakukan patroli di permukiman warga yang tergenang banjir di desa Dorang, Kecamatan Nalumsari. Patroli dilakukan petugas guna menjaga keamanan rumah warga yang kosong karena ditinggal mengungsi oleh pemiliknya.

Genangan banjir di desa Dorang masih cukup tinggi, dengan kedalaman 50 sentimeter hinggasatu meter. Banyak rumah warga yang ditinggalkan mengungsi oleh pemiliknya ke tempat yang lebih aman dari banjir.

“Air masuk ke dalam (rumah warga), kami berusaha menjaga keamanan rumah-rumah yang kosong,” kata Kasat Sabhara, Polres Jepara, Akp Muhammad Saefudin.

Selain patrol, petugas juga membagikan bantuan berupa beras dan mie instan kepada warga yang masih bertahan di rumah. Warga mengaku tak bisa berbuat banyak saat banjir masih menggenang.

Gagal Panen

Selain merendam permukiman, banjir yang melanda desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, juga merendam lahan tanaman padi. Padahal tanaman padi di wilayah ini akan siap dipanen bulan Maret mendatang.

Berdasarkan data pemerintah desa Dorang, area sawah yang rusak akibat banjir mencapai 150 hektar. Akibat genangan banjir ini kerugian yang harus diterima diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Kepala Desa Dorang, Arif Supratikno menjelaskan, per hektar lahan padi, petani rata rata mengeluarkan biaya produksi minimal Rp6 juta per hektar, sehingga jika dikalkulasi ongkos produksi yang telah dikeluarkan lebih dari Rp1 miliar.

“Keseluruhan ada 150 hektar sawah terendam banjir. Jika dikalkulasi, kerugian yang diderita mencapai sekitar Rp2,9 miliar,” kata Kepala Desa Dorang, Arif Supratikno.

Banjir yang melanda di desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Jepara, terjadi akibat luapan sungai Serang Welahan Drainase (SWD) setelah diguyur hujan deras. Banjir di desa Dorang merendam sekitar 900 rumah yang tersebar di Dusun Tapen, Dusun Gempol, dan Dusun Dorangkidul. (ito)

(Lihat Juga: Ribuan ikan peternak di Purwakarta mati)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral