Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Pedagang Pasar Tanah Abang | tvOne Minute

Rabu, 17 Februari 2021 - 20:41 WIB

Jakarta, Klik Disini - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 terhadap pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (17 Februari 2021).

Presiden Jokowi tiba di Pasar Tanah Abang pukul 08.51 WIB disambut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Jokowi segera menuju lokasi vaksinasi di lantai 12 yang merupakan teras Masjid Pasar Tanah Abang Blok A dan lantai 8 yang merupakan bagian "foodcourt".

Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi di lantai 8 yang dikhususkan untuk pedagang. Sekitar 1.500-2000 pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A menerima vaksinasi COVID-19. PD Pasar Jaya telah mendata untuk gelombang pertama akan ada 9.791 pedagang yang mendapatkan vaksin di Pasar Tanah Abang Blok A.

Jokowi mengatakan, vaksinasi terhadap pekerja pelayanan publik di Pasar Tanah Abang melanjutkan program vaksinasi tahap I yang telah dimulai sejak Januari lalu kepada para tenaga kesehatan. Dalam kalkulasi pemerintah, petugas pelayan publik yang akan menerima vaksinasi sebanyak 16,9 juta orang.

Menurut Kepala Negara, tahapan kedua di Pasar Tanah abang berjalan dengan baik dan dilakukan dengan manajemen lapangan sangat baik. Presiden mengatakan setelah di Provinsi DKI Jakarta, selanjutnya vaksinasi pekerja pelayanan publik akan dilanjutkan di provinsi lain.

Jokowi berharap, semua pekerja di sektor pelayanan publik dapat menerima vaksinasi COVID-19. "Kita harap pekerja publik, pelayan publik, baik aparat keamanan, pedagang pasar, wartawan, atlet juga pekerja-pekerja di toko dan mall, semua akan di vaksinasi," ujar Presiden.

Ia mengatakan, vaksinasi COVID-19 untuk petugas pelayanan publik akan terus dilakukan hingga ke seluruh propinsi di Indonesia. Sehingga diharapkan realisasi penyuntikan vaksin dapat meningkat drastis setiap harinya. “Setelah di propinsi DKI Jakarta, akan berjalan di propnsi-propinsi yang lain sehingga nanti kita harapkan jumlah yang divaksin setiap hari akan naik secara drastis,” katanya.

Pemerintah saat ini telah memulai vaksinasi COVID-19 tahap dua, kepada petugas pelayanan publik yang di antaranya adalah aparat TNI-Polri, para pedagang pasar, pekerja sektor jasa, atlet, dan juga wartawan.

Hingga Senin kemarin (16 Februari 2021), total masyarakat Indonesia yang sudah divaksin COVID-19 mencapai 1.120.963 orang atau meningkat 24.868 orang dalam satu hari. Sementara, total sasaran vaksinasi COVID-19 di Indonesia mencapai 181,5 juta orang. Angka tersebut ditentukan untuk menciptakan kekebalan komunal di Indonesia.

Presiden Jokowi memberi target kepada Kementerian Kesehatan untuk menuntaskan vaksinasi COVID-19 di Indonesia dalam satu tahun sejak 13 Januari 2021. (ari/ant)

(Lihat juga Presiden Terbitkan Perpres, Masyarakat yang Tolak Vaksinasi akan Dapat Sanksi)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
07:25
11:35
08:19
01:05
04:14
Viral