BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, Puncak Musim Hujan Terjadi Awal Maret 2021 | tvOne

Jumat, 19 Februari 2021 - 09:48 WIB

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk waspada karena saat ini 70 persen wilayah di tanah air sedang menghadapi puncak musim hujan. Cuaca ekstrem itu diperkirakan masih akan berlanjut hingga awal Maret 2021.

“Cuaca ekstrem yang merupakan hujan lebat dapat disertai angin kencang atau pun kilat petir. Dan itu dapat berlangsung selama beberapa jam,” ujar Dwikorita kepada Imran Tajuddin dalam program Kabar Pagi, Jumat, 19 Februari 2021.

Dwikorita juga merinci wilayah yang terdampak cuaca ekstrem hari ini dan besok, 19-20 Februari.

“Beberapa wilayah diprediksi mengalami cuaca ekstrem tersebut antara lain adalah di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, serta Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” bebernya.

Lantas apa dampak yang kemungkinan dialami wilayah-wilayah  tersebut?

“Dampaknya terutama berupa genangan air atau bahkan banjir. Dapat juga terutama di wilayah Sulawesi, Sumatera, dan Jawa yaitu banjir bandang. Juga di wilayah tersebut juga dapat pula berdampak pada bencana longsor,” ungkapnya.

Potensi Hujan Petir dan Angin Kencang Jumat Pagi

BMKG juga mengingatkan warga di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi pada Jumat pagi dan dini hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Seribu, Jakut dan Jakbar pada pagi dan dini hari," kata peringatan dini BMKG dikutip dari laman bmkg.go.id, di Jakarta, Jumat pukul 04.44 WIB.

BMKG merinci pada Jumat pagi cuaca di DKI Jakarta diperkirakan hujan ringan merata di seluruh wilayah dari Jakarta Barat hingga Jakarta Utara, kecuali Kepulauan Seribu diperkirakan hujan sedang.

Kemudian pada siang harinya, hujan ringan masih berpotensi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan.

Memasuki malam harinya, cuaca wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara berstatus berawan, hanya di Kepulauan Seribu yang cerah berawan. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral