Alami Luka Bakar Serius, 6 Korban Ledakan Tangki Kilang Minyak Dirujuk ke RSPP | tvOne

Selasa, 30 Maret 2021 - 12:19 WIB

Jakarta – Enam warga korban kebakaran tangki kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, dirujuk ke Rumah Ssakit Pusat Pertamina (RSPP) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Enam korban yang merupakan warga sekitar mengalami luka bakar yang cukup serius.

Iring-iringan mobil ambulans yang membawa korban luka bakar dalam peristiwa kebakaran tangki kilang minyak pertamina Balongan, tiba di RSPP Jakarta Selatan, Senin siang (29/3). Keenam korban menderita luka bakar serius, kemudian langsung dibawa ke ruang Unit Gawat Darurat (UGD) untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

"Ada enam orang dari warga yang mungkin berada di dekat lokasi," kata Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations Agus Suprijanto di RSPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Enam korban yang semuanya laki-laki itu dirujuk ke RSPP dan akan menjalani perawatan medis serta evaluasi oleh petugas kesehatan. "Dari hasil evaluasi nantinya bisa dicari penanganan medis yang cepat dan tepat," katanya.

Para korban juga didampingi perwakilan keluarga masing-masing.

Kebakaran melanda kilang Pertamina di Balongan pada tangki T-301G sekitar pukul 00.45 WIB, Senin dini hari. Saat itu sedang terjadi hujan lebat disertai petir.

Nyala api kebakaran dapat terlihat dari jarak lima kilometer. Ratusan warga melakukan evakuasi ke tempat aman dan menjauhi lokasi kebakaran.

Data Jumlah Pengungsi

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan 932 orang mengungsi ke tiga titik pengungsian karena terdampak kebakaran yang terjadi di Pertamina Balongan.

"932 orang yang mengungsi dibagi ke tiga titik pengungsian, yakni di Pendopo Kabupaten Indramayu 320 jiwa, GOR Bumi Patra 220 jiwa dan Masjid Islamic Center Indramayu 392 jiwa," kata Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu.

Berdasarkan data terbaru BPBD Jabar, hingga Senin pukul 16.42 WIB, jumlah korban luka ringan mencapai 29 orang dan enam orang mengalami luka berat dalam kejadian kebakaran tersebut. "Selain 29 orang luka ringan, saat ini masih ada 14 orang dalam identifikasi dan enam orang luka berat," kata dia.

Enam orang yang menderita luka berat adalah Kosim B Durakman (18 tahun), Abdul alias adil (18 tahun), Ibnu Ajis (18 tahun), Ahmad Asrori (18 tahun), Khoirul Ikhwan (16 tahun) dan Dani (18 tahun).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri memastikan keamanan sekitar lokasi kebakaran kilang Pertamina Balongan. Ia mengharapkan warga yang mengungsi tidak khawatir barangnya dijarah. "Kami pastikan sekitar lokasi kebakaran dijaga ketat oleh TNI dan Polri," kata Irjen Pol Dofiri. (ito/ant)

(Lihat Juga: Penampakan dari udara terbakarnya tangki kilang Balongan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
04:19
Viral