Mensos Kunjungi Korban Dampak Kebakaran Kilang Minyak di Indramayu

Selasa, 30 Maret 2021 - 12:11 WIB

Indramayu, Jawa Barat – Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi korban kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu, jawa Barat, Senin (29/3) malam. Mensos menyatakan pihaknya akan memastikan terpenuhinya kebutuhan korban selama di pengungsian.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi korban kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan di kabupaten Indramayu, yang kini berada di pengungsian.

Sebanyak 320 warga di sekitar lokasi kebakaran kilang minyak diungsikan  ke tiga lokasi, yaitu GOR Komplek Perumahan Pertamina Bumi Patra, Gedung Islamic Center Indramayu, serta pendopo Kabupaten Indramayu.

“Saya sudah komunikasi dengan Bupati dan Pertamina, lagi didata, insyaalloh Pertamina akan memperbaikinya,” kata Risma.

Mensos juga mengatakan bahwa kedatangannya mengunjungi pengungsi untuk memastikan mereka terlayani dengan baik.

Untuk itu, Mensos juga menyalurkan bantuan logistik dalam rangka penanganan bencana di Kabupaten Indramayu dengan nilai total Rp305 juta.

Bantuan itu terdiri atas makanan siap saji 600 paket, makanan anak 300 paket, selimut 200 lembar, kasur 300 unit, Kids Ware 60 paket, Family Kids 100 paket, dan tenda gulung 50 lembar.

Polisi Bantu Pemulihan Trauma

Sementara itu, kegiatan pemulihan trauma (trauma healing) kepada masyarakat di sekitar lokasi kebakaran Kilang Pertamina Balongan juga dilakukan oleh sejumlah personel polisi wanita dari Polres Indramayu.

Pemulihan trauma itu digelar di Kantor Pendopo Bupati Indramayu yang menjadi posko pengungsian sementara bagi masyarakat. Adapun warga yang terdampak itu terdiri dari Desa Kesambi dan Desa Sukareja, Kecamatan Balongan.

"Kami mendengarkan keluhan masyarakat yang terdampak ledakan dan kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, dan memberikan motivasi serta semangat kepada masyarakat yang terdampak," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi A Chaniago.

Selain itu, aparat kepolisian juga memberikan pemahaman bahwa pengosongan permukiman masyarakat di sekitar kilang Pertamina Balongan perlu dilakukan untuk meminimalisir korban.

Menurutnya lagi, kepolisian juga memastikan lingkungan permukiman rumah warga dalam keadaan yang aman, tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban. "Tidak ada gangguan kamtibmas, karena TNI-Polri mengamankan lokasi kebakaran tersebut," kata dia pula.

Permukiman warga dalam radius dua kilometer dari titik api di Kilang Pertamina Balongan telah dikosongkan untuk mencegah hal yang tak diinginkan. (ito/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral