Waduh, Tingkat Keterisian RS Wisma Atlet Mencapai 75 Persen

Minggu, 13 Juni 2021 - 12:24 WIB

Jakarta - Saat ini tingkat keterisian Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet sudah mencapai 75,19 persen. Hal tersebut dipicu oleh kasus meningkatnya COVID-19 yang terjadi dalam kurun waktu 3 hari terakhir

Tercatat pada hari Sabtu (12/6) kemarin, ada sekitar 661 pasien baru yang dirawat di Rumah Sakit Wisma Atlet. Rencananya dalam 2 hari kedepan, Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet akan mempersiapkan tower 8 yang nantinya difungsikan apabila pasien positif COVID-19 di DKI Jakarta terus bertambah.

Menurut laporan Debby Tobing, langsung dari Wisma Atlet Kemayoran mengatakan jika total keseluruhan pasien positif COVID-19 yang berada di Wisma Atlet ada sebanyak 4.900 yang menempati empat tower yang saat ini tersedia, yakni di tower 4, 5, 6, dan 7. 

Melalui Debby, pihak Rumah Sakit Wisma Atlet menyampaikan bahwa bed occupancy rate telah meningkat lebih dari 60 persen. “Yang mana telah terjadi peningkatan pesat untuk angka positif COVID-19 di DKI Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyebut jika per 10 hari terakhir ini kenaikan angka kasus COVID-19 di DKI Jakarta meningkat sebanyak 302 persen dari sebelumnya. “Di beberapa provinsi lainnya juga tengah mengalami peningkatan COVID-19, namun telah dilakukan evaluasi bahwa peningkatan terbesar terjadi di Provinsi DKI Jakarta,” paparnya.

Oleh sebab itu, kini tim Satgas COVID-19 mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk terus melakukan imbauan dan memperketat protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak guna menekan angka penyebaran COVID-19. 

Sedangkan di Provinsi DKI Jakarta, pemerintah telah memperluas sasaran target penerima vaksin COVID-19. Bagi masyarakat yang berusia 18 tahun dan tidak memiliki KTP DKI Jakarta tetap dapat melakukan vaksinasi di DKI Jakarta. 

Kendati demikian, masyarakat dengan kategori tersebut harus memiliki syarat tengah bekerja atau berdomisili di DKI Jakarta. Selain itu, bagi masyarakat yang telah menerima vaksin tidak boleh lalai untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M.

Sedangkan kondisi didepan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet sampai hari ini (13/6) belum terlihat ambulans yang keluar dan masuk ke kawasan Wisma Atlet. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu viral di media sosial yang memperlihatkan adanya antrean ambulans yang akan masuk ke Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran. Diduga antrean ambulans tersebut terjadi sebagai imbas lonjakan kasus COVID-19 di DKI Jakarta. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral