MENCEKAM! Detik-detik Keributan di Pos Penyekatan Suramadu

Selasa, 22 Juni 2021 - 19:47 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Keributan antara petugas dan pengendara terjadi di pos penyekatan Suramadu yang berada di sisi Kota Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (22/6) pukul 05.00 WIB pagi tadi.

Peristiwa kericuhan tersebut terjadi di depan Kantor Pengemabangan Wilayah Suramadu. 

Aksi kericuhan ini terekam video dan viral di media sosial. Video pertama kali diunggah oleh akun Dinas Kesehatan Surabaya @sehatsurabayaku. Dalam video juga terlihat massa yang melemparkan petasan ke arah petugas.

Petugas pun terlihat membebaskan pengendara yang terjepit antrian di jalan tersebut. 

Menurut Kasat Pol PP Pemerintah Kota Surabaya, Eddy Christianto, keributan dipicu oleh para pengendara yang tidak sabar mengantri karena terhalang oleh ambulans yang hendak mengangkut warga yang positif COVID-19.

“Kemungkinan karena kendaraan yang terlalu banyak dan jalannya sempit. Juga terhalang oleh ambulans yang akan mengangkut pasien yang positif, sehingga mereka tidak sabar akhirnya sempat terjadi kericuhan,” tutur Eddy.

Sementara itu penyekatan dan pelaksanaan swab massal di pintu penyekatan Suramadu menuju arah Madura berjalan tertib dan lancar dengan pengamanan petugas gabungan.

Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kompol Wahyu Hidayat menceritakan kronologi kejadian kericuhan yang terjadi pada pagi tadi.

Menurutnya, kejadian tersebut dipicu oleh sebagian pengendara motor yang tidak memiliki surat antigen dan tidak mau dites antigen memprovokasi pengendara lain.

Rombongan yang diperkirakan puluhan hingga ratusan motor tersebut menggeber-geberkan motornya. Selain itu ada pula pengendara yang turun dari motor dan menendang kursi-kursi di tenda tempat tes dan terjadi saling dorong dengan petugas.

Untuk menghalau dan menenangkan massa, petugas kepolisian menembakkan gas air mata agar para pengendara membubarkan diri. Kejadian tersebut membuat sebagian pengendara berhasil lolos dan tidak melakukan tes swab antigen.

Sebelumnya, Jumat (18/6) lalu, kericuhan juga terjadi di pos penyekatan Suramadu. Video yang sempat terekam pun viral di media sosial.

Pemicunya juga sama, karena warga tidak sabar ketika mengantre tes swab.

Dalam video terlihat sejumlah warga menyerbu pos penyekatan untuk berebut mengambil KTP masing-masing. Sejumlah fasilitas di pos penyekatan Suramadu rusak. Selain itu, terlihat juga petugas menggunakan APD yang sedang merapikan alat swab antigen yang berserakan karena kejadian kericuhan tersebut. (awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral