Sepuluh Masjid di Johar Baru Laksanakan Salat Jumat Saat PPKM Darurat

Jumat, 9 Juli 2021 - 19:27 WIB

Sepuluh masjid di Johar Baru, Jakarta Pusat bersikukuh tetap melaksanakan salat Jumat di tengah merebaknya COVID-19. Rosyidin, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di salah satu masjid yang didatangi Satpol PP menyatakan telah membahas hal ini dalam rapat DKM. Menurutnya DKM sepakat untuk tetap menyelenggarakan salat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan kendati sudah ada imbauan dari para dokter, Pemerintah, maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kita harus memperhatikan wilayah masjid berada di zona merah atau tidak. Jika berada di wilayah berstatus zona merah, sebaiknya warga salat di rumah melaksanakan salat zuhur saja. Jika berada di zona hijau atau wilayah terkendali, silahkan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Sekjen MUI Amirsyah Tambunan belum lama ini.

MUI menyatakan hal tersebut sudah sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19. MUI juga meminta Satgas Penanganan Covid-19 dan pengurus masjid betul-betul memperhatikan kondisi di lingkungan masing-masing.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral