TNI AD dan US Army Gelar Latihan Bersama dalam Garuda Shield 2021

Jumat, 6 Agustus 2021 - 11:36 WIB

Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan - Pembukaan latihan tempur bersama TNI Angkatan Darat dan US Army digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Batu Raja, Sumatera Selatan, Rabu (4/8). Ratusan personil terjun payung gabungan antara prajurit TNI Angkatan Darat dan US Army turut memeriahkan acara pembukaan latihan bersama TNI Angkatan Darat dan US Army. 

Sebelum melakukan penerjunan, para prajurit terpilih dari Satuan TNI Angkatan Darat berlatih bersama dengan prajurit 82nd Airborne Division, US Army di Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat sejak 16 Juli 2021 lalu. Latihan bersama Garuda Airborne ini merupakan penerjunan lintas negara untuk yang pertama kali dilakukan antara anggota militer yang ada di kedua negara tersebut, yakni Amerika Serikat dan Indonesia.

Selain itu, hal tersebut merupakan bagian dari latihan bersama Garuda Shield-15 tahun 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 1 Agustus sampai 15 Agustus 2021 mendatang dengan melibatkan sebanyak 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 US Army. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan bahwa latihan Garuda Shield-15 ini bersama US Army adalah latihan artileri dengan sistem yang sama, diantaranya sama-sama menggunakan sistem artileri roket dan meriam.

“Kita memiliki Air Support Operations Squadron (ASOS) dan kemudian dari US Army Pacific menggunakan High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) jadi sistem artilerinya sama,” kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam kesempatannya di acara pembukaan latihan bersama.

Selain itu, Ia mengungkapkan jika pihak Indonesia menggunakan artileri dengan sistem canon atau atau meriam. “Kita menggunakan itu dan mereka juga,” tuturnya.

Latihan terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer Indonesia dan Amerika Serikat ini diselenggarakan mulai 1-14 Agustus 2021 di tiga tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan, dan Makalisung di Manado. Sementara itu, Commanding General USARPAC General Charles A Flynn dari Amerika Serikat menjadi inspektur upacara pembukaan latihan bersama Garuda Shield ke-15 tahun 2021 ini. (adh)
 
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral