Bentrokan Antar Suku di Yahukimo Diduga Akibat Kematian Mantan Bupati

Senin, 4 Oktober 2021 - 16:19 WIB

Papua - Dua suku di Yahukimo, Papua Minggu (3/9) siang kemarin saling serang. Akibat dari aksi serangan ini, enam orang tewas dan 41 warga lainnya mengalami luka-luka.

Dalam video amatir milik warga yang merekam kepulan asap berasal dari bangunan yang dibakar dalam aksi saling serang di Yahukimo, Papua. Warga yang merekam kejadian dari jauh ini panik dan berusaha mengamankan diri. 

Dari keterangan pihak kepolisian, peristiwa tersebut terjadi saat suku Kimyal mendatangi suku Yali dan melakukan penyerangan. Kedua suku saling serang dengan menggunakan senjata tajam dan panah. Bentrokan itu diduga dipicu atas kematian mantan Bupati Yahukimo.

Polisi yang melakukan pengamanan di lokasi kejadian menangkap 52 orang terduga pelaku. Para terduga pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polres Yahukimo. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, sebanyak tiga rumah warga dan satu Hotel dibakar massa dalam peristiwa ini.

Sementara itu, situasi di Yahukimo saat ini sudah kembali kondusif. Petugas gabungan TNI dan Polri disiagakan di lokasi kejadian untuk mengantisipasi aksi penyerangan susulan. Petugas gabungan juga melakukan patroli ke sejumlah tempat di Yahukimo.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral