Waktu Pembayaran Diperpanjang, Krisis Ekonomi AS Mereda

Kamis, 7 Oktober 2021 - 16:13 WIB

Washington DC, AS - Ancaman krisis keuangan yang membayangi Amerika Serikat mulai mereda, setelah kubu Republik melunak dan memberikan keleluasaan pada pemerintahan Joe Biden untuk memperpanjang pembayaran utang hingga akhir tahun.

Kekhawatiran pemerintah Amerika Serikat gagal bayar utang pada jatuh tempo bulan Oktober ini nampaknya akan segera reda. Pembahasan plafon utang Amerika Serikat di Kongres nampaknya akan berjalan mulus.

Hal itu disebabkan melunaknya sikap oposan pemerintah di Kongres, Partai Republik mulai melunak. Dalam akun media sosialnya pemimpin Senat Minoritas, Mitch McConnell menyatakan, Partai Republik akan memberikan kelonggaran kepada pemerintah pimpinan Joe Biden untuk menggunakan prosedur normal dalam memperpanjang batas utang hingga akhir tahun. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan gagal bayar dan memicu terjadinya krisis keuangan.

Sebelumnya, Presiden Joe Biden dan Partai Demokrat mendesak Republik untuk menghindari apa yang mereka sebut bencana ekonomi 18 Oktober. Bahkan Menteri Keuangan Janet Yellen, memprediksi Amerika Serikat menghadapi bencana besar yang menyeret Negeri Paman Sam ke krisis keuangan hingga menuju jurang resesi ekonomi, jika tak segera diambil langkah sebelum jatuh tempo 18 Oktober 2021. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral