Survei Pemilu 2024, SMRC: Prabowo Menurun, Ganjar dan Anies Menguat

Jumat, 8 Oktober 2021 - 19:02 WIB

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto masih menduduki posisi teratas di survei terbaru SMRC. Meski begitu, elektabilitas Prabowo mengalami penurunan sementara itu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang berada di urutan kedua dan ketiga mengalami tren kenaikan dukungan.
Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan tokoh dengan elektabilitas tertinggi untuk dipilih sebagai presiden berdasarkan hasil temuan survei SMRC bertajuk partai dan calon presiden.
Kecenderungan sikap pemilih menjelang pemilu 2024 yang dirilis di Jakarta pada Kamis, 7 Oktober 2021 kemarin dalam simulasi terbuka dengan 42 nama, Prabowo tercatat memiliki elektabilitas sebesar 18,1 persen disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sementara itu, Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menyatakan meski Prabowo masih berada di posisi teratas tapi mengalami penurunan dukungan sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalami peningkatan dukungan kecenderungan.
“Pak Prabowo dalam tiga tahun terakhir ini mengalami penurunan cukup serius sementara di sisi yang lain Pak Ganjar Pranowo justru secara konsisten meningkat meski tidak banyak berubah sekitar dalam dua tahun terakhir juga Pak Sandi dan Ridwan Kamil tidak banyak berubah. Kalau dari sisi elektabilitas sebetulnya yang memperoleh dukungan paling tinggi diantara nama-nama itu Pak Prabowo, Pak Anies Baswedan, dan Pak Ganjar Pranowo,” ungkap Sirojuddin.
Hasil penelitian SMRC menunjukkan elektabilitas PDIP Perjuangan dan Partai Gerindra cenderung menurun pada Maret 2020. PDIP mendapat dukungan 25,9 persen. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mengalami penurunan sekitar 3,8 persen pada survei September 2021 dan menjadi 22,1 persen. 
Gerindra juga mengalami nasib yang sama memperoleh 13,6 persen di Maret 2020. Dukungan Gerindra untuk September 2021 menurun menjadi 9,9 persen sementara itu pada periode yang sama sejumlah partai politik seperti Golkar, PKB, Demokrat, dan PKS terlihat mengalami penguatan dukungan dalam survei opini publik SMRC yang digelar pada 15 September hingga 29 September 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:22
02:06
01:38
02:44
02:07
01:01
Viral