Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Padati Keraton Kanoman

Rabu, 20 Oktober 2021 - 11:56 WIB

Cirebon, Jawa Barat - Peringatan Maulid Nabi Muhammad digelar meriah di sejumlah daerah di Cirebon, Jawa Barat. Warga memadati Keraton Kanoman untuk melihat perayaan Maulid Nabi Muhammad sementara di Surabaya dan Banyuwangi Jawa Timur warga punya tradisi unik untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan setiap tahunnya kini kembali dapat dirasakan umat Islam di Indonesia. Warga tampak lebih leluasa merayakan setelah masa PPKM darurat dilonggarkan. Malam puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar di Keraton Kanoman Cirebon.
Dalam tradisi ini, Keraton mengarak benda pusaka peninggalan Walisongo sebagai simbol proses kelahiran. Sambil membawa makanan, ribuan warga pun tumpah ruah memadati Keraton untuk ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad. Tradisi ini diharapkan agar masyarakat dapat meneladani Nabi besar Muhammad SAW dan berdoa agar wabah pandemi Covid-19.
Sementara itu, perayaan Maulid Nabi Muhammad di Kalianak Timur, Surabaya digelar sangat meriah dengan mengundang seluruh warga untuk bersama-sama membaca shalawat nabi. Warga tampak begitu antusias menghadiri undangan Maulid Nabi yang digelar oleh keluarga Haji Arif warga Diaspora Madura di Surabaya.
Pihaknya sengaja menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu wujud pengobat rindu kepada Baginda Nabi setelah dua tahun berturut-turut tidak merayakan akibat pandemi Covid-19.
Warga masyarakat Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memiliki tradisi unik dalam memperingati Maulid Nabi. Ribuan telur hias yang ditancapkan ke jodang pelepah pisang ini berlangsung meriah. Telur yang sudah direbus ini merupakan hasil swadaya pemuda desa setempat untuk nantinya dibagikan kepada masyarakat agar bisa dinikmati bersama setelah pawai dilakukan. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral