Detik-detik Evakuasi 6 Penambang Emas yang Tewas Tertimbun Longsoran

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 08:31 WIB

Sampit, Kalimantan Tengah - Tim dari berbagai instansi mengevakuasi 6 penambang yang ditemukan meninggal dunia di sebuah lokasi penambangan emas di Desa Tumbang Torung, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
Kejadian ini terjadi pada Kamis (28/10/2021) pada pukul 12.00 siang. Diduga tanah bagian atas tersebut longsor akibat hujan lebat yang tiba-tiba turun saat mereka tengah berada di dalam lubang yang kedalamannya 8 meter.
Pada saat itu sejumlah penambang emas yang lakukan penambangan di lubang tersebut ada 11 orang tetapi 5 orang di antaranya berhasil menyelamatkan diri saat terjadi tanah longsor. Kendati demikian, Sekretaris BPBD Kotawaringin Timur, Yephi Hartadi mengatakan jika sebelumnya sudah ada peringatan terkait cuaca ekstrem yang akan terjadi termasuk juga di daerah Kotawaringin Timur dengan potensi hujan lebat termasuk longsor itu. 
“Sebenarnya dari BNPB juga sudah mengingatkan hanya saja memang kejadian ini terjadi cukup jauh di pelosok ini termasuk di salah satu daerah paling utara dari Kabupaten Kotawaringin Timur sendiri dan berjarak sekitar satu setengah jam lagi naik perahu untuk bisa menjangkau,” ungkap Yephi kepada tvOne. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral