Demo Buruh Tuntut Kenaikan UMP di Bandung Tumpah ke Jalan

Rabu, 24 November 2021 - 10:32 WIB

Bandung, Jawa Barat - Ratusan buruh menggelar unjuk rasa di sejumlah daerah. Sementara di Karawang Jawa Barat buruh menggelar aksi di depan Kantor Bupati Karawang sedangkan di Bandung, Gubernur Jawa Barat menanggapi tuntutan buruh.
Unjuk rasa ratusan buruh yang terdiri dari beberapa elemen organisasi buruh ini dilakukan di depan Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat. Unjuk rasa dilakukan untuk mengawal pembahasan Upah Minimum Kabupaten Tahun 2022 yang dilakukan Dewan Pengupahan bersama Pemerintah Daerah.
Para buruh menuntut kenaikan upah sebesar 15 persen dan meminta Bupati Karawang untuk segera merekomendasikan tuntutan mereka ke Gubernur Jawa Barat. Sementara di Bandung, Jawa Barat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi aksi buruh yang menuntut kenaikan upah.
Menurutnya, pemerintah daerah mengikuti rumusan-rumusan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat setelah dilakukan perhitungan Jawa Barat dapat menaikkan UMP sebesar 1,72 persen. Hal ini karena perekonomian di Indonesia belum pulih 100 persen.
“Upah kan dari Pemerintah Pusat dan ini perlu dipahami oleh semua pihak terkait situasi ekonomi yang belum membaik 100 persen sehingga kita sampaikan aspirasi-aspirasi bila kurang puas, asalkan dengan cara yang baik,” ujar Ridwan Kamil.
Buruh juga diminta untuk menyampaikan aspirasi secara baik bila kecewa dengan penetapan UMP agar nantinya dapat ditemukan rumusan yang dapat saling menguntungkan semua pihak. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral