Sejumlah Alat Berat Tambahan Kembali Didatangkan ke Dusun Kamar Kajang

Rabu, 8 Desember 2021 - 23:40 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Alat berat dikerahkan untuk mengurangi debit air yang menggenangi permukiman di dusun Kamar Kajang. Petugas terus berupaya untuk mengalirkan debit air kembali ke sungai.

Debit air yang sebelumnya menggenangi dusun Kamar Kajang ini sudah sangat berkurang setelah upaya untuk mengalirkan luapan dari sungai yang berjarak 300 m dari dusun.

Upaya ini sudah dihentikan pada pukul 16.00 WIB, Rabu (8/11) kemarin dan rencananya memang akan dilakukan kembali upaya untuk mengalirkan arus air yang menggenangi dusun Kamar Kajang menuju ke arah sungai.

Tambahan alat berat yang membantu operasi ini merupakan bantuan dari Kementerian PUPR dan juga akan digunakan untuk membantu upaya-upaya pengalihan air pada hari Kamis (9/12). Alat berat ini juga akan difungsikan guna membantu proses pencarian dan evakuasi korban erupsi yang masih dinyatakan hilang.

Luapan terjadi akibat adanya curah hujan di lereng gunung ditambah dengan banjir lahar dingin sehingga menyumbat arus air dari hulu ke hilir. Setelah aliran air ini bersih dari sumbatan material vulkanis, dibuat pula aliran baru agar air yang menggenangi dusun Kamar Kajang dapat dikembalikan ke sungai. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral