Rusak Dihantam Erupsi Semeru, Petugas Lakukan Uji Ketahanan Tanah Jembatan Gladak Perak

Senin, 13 Desember 2021 - 12:43 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Petugas mulai melakukan uji ketahanan tanah di jembatan Gladak Perak, Kabupaten Lumajang yang putus diterjang awan panas Semeru.

Pasca ambruknya jembatan Gladak Perak dinas terkait mulai melakukan rencana pembangunan. Pengeboran dilakukan petugas mulai Kamis lalu sampai dengan hari ini. Pengeboran dilakukan untuk mengambil sampel tanah untuk dilakukan pengujian ketahanan.

Rencana pengeboran ini akan dilakukan sedalam 40 meter. Saat ditanyakan kepada petugas yang tengah bekerja, saat ini pengeboran sudah berada di kedalaman 33 meter.

Sampel tanah tersebut akan diambil kemudian dilakukan pengujian oleh petugas untuk diukur ketahanan tanahnya untuk pembangunan kembali jembatan Gladak Perak.

Sambil menunggu proses pembangunan kembali jembatan Gladak Perak, pemerintah juga rencananya akan membangun jembatan alternatif di samping jembatan permanen. Namun berdasarkan pantauan di lapangan, sampai dengan saat ini belum ada tanda-tanda pembangunan jembatan gantung alternatif itu akan dimulai.

Pembangunan jembatan ini penting karena jalur ini merupakan akses utama warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi jika infrastruktur ini selesai disambung kembali maka roda perekonomian maupun logistik bisa berputar kembali. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral