Epidemiolog: Kecepatan Deteksi Penting Untuk Memutus Penularan

Jumat, 17 Desember 2021 - 10:23 WIB

Jakarta - Situasi penyebaran Covid-19 varian Omicron kian mengkhawatirkan. Epidemiolog Dicky Budiman mengatakan bahwa terjadinya transmisi lokal dari varian Omicron ini sangat dimungkinkan. 

Ahli epidemi dari Australia inipun mengatakan bahwa varian ini sangat mungkin berkembang menjadi suatu epidemi terpisah dari Covid-19 secara umum. Artinya strategi penanganan varian Delta yang kemarin berhasil harus kembali diatur ulang agar tak kecolongan oleh Omicron.

"Kecepatan deteksi menjadi penting untuk memutuskan (penularan), tracing, kemudian juga isolasi karantina," tegasnya.

Menurutnya pula, kasus pertama yang ditemukan di Indonesia mustahil datang sendiri tiba-tiba kecuali memang kasus dugaan Omicron ini ternyata memang merupakan varian baru yang berbeda dari Omicron. Kasus yang dianggap kasus pertama Omicron di Indonesia pasti ada asal-usul datangnya kapan dan dari mana.

"Hal lain yang paling penting ingin saya sampaikan sebelum ini adalah bahwa masalah booster menjadi penting. Bahwa ke depan dengan adanya Omicron ini kita akan membutuhkan dosis yang ketiga untuk kelompok yang rawan. Karena merespon apa yang disampaikan Pak Presiden, betul, masalah Omicron ini sudah menunjukkan hal yang semakin mengkhawatirkan. Nah ini yang harus kita respon," sebut Dicky. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral