Erupsi Gunung Cumbre Vieja Berakhir, Sebanyak Tujuh Ribu Warga Telah Dievakuasi

Selasa, 28 Desember 2021 - 00:36 WIB

La Palma, Spanyol - Letusan gunung berapi di Pulau La Palma, kepulauan Canary, Spanyol yang menghancurkan ratusan rumah dan lahan pertanian telah berakhir. Gunung tersebut sebelumnya meletus pada tiga bulan lalu.

Pemerintah Spanyol menyatakan bahwa erupsi gunung berapi Cumbre Vieja di Pulau La Palma berakhir. Pengumuman tersebut menyusul 10 hari aktivitas tingkat terendah dari gunung Cumbre Vieja. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat bencana alam tersebut.

Gunung Cumbre Vieja telah menimbulkan tsunami lava yang dahsyat dan mengeluarkan abu vulkanik yang mengandung gas beracun ke udara. 1345 rumah rusak diterjang lava terutama di sisi Barat La Palma. Sekolah, gereja, pusat kesehatan, dan infrastruktur irigasi pertanian juga rusak parah.

Lava telah menutupi lebih dari 1000 hektar tanah saat menuju Samudera Atlantik. Sebagian besar adalah perkebunan pisang, mata pencaharian utama di La Palma.

Letusan ini adalah yang pertama sejak 1971 dan rekor masa letusan terpanjang di pulau yang berpenduduk sekitar 7.000 orang ini. Warga telah dievakuasi dari rumah mereka. Warga hanya diberi waktu beberapa menit untuk mengemasi barang-barang mereka dan meninggalkan rumahnya sebelum dilahap lava.

Menurut pejabat setempat, kerugian kerusakan akibat letusan lebih dari 900 juta euro. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez yang mengunjungi La Palma beberapa waktu lalu berjanji untuk membantu La Palma membangun kembali kehidupan setelah bencana.

Pemerintah Spanyol sejauh ini menjanjikan 225 juta euro dalam dana bantuan untuk upaya pemulihan termasuk membeli perumahan sementara dan memberikan bantuan keuangan kepada orang-orang yang kehilangan pekerjaan.

Para ahli menyatakan pembersihan material vulkanik pasca letusan memerlukan waktu yang cukup lama. Pembersihan harus menunggu lava mendingin ke tingkat yang aman. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral