Keren, Robot Tercanggih di Eropa Ini Mampu Menyortir Sampah dengan Cepat

Kamis, 30 Desember 2021 - 00:54 WIB

Vantaa, Finlandia - Teknologi robot berbasis kecerdasan buatan membantu peningkatan jumlah daur ulang timbunan sampah di Finlandia. Robot mampu menyortir berbagai jenis sampah dengan cepat di sebuah pabrik milik perusahaan Finlandia.

Di pabrik yang diklaim sebagai yang tercanggih di Eropa ini mampu mendaur ulang hingga 120.000 ton limbah konstruksi, termasuk kayu, plastik, dan logam. Menurut laporan, rata-rata warga Eropa menghasilkan sekitar lima ton sampah pertahun tetapi hanya 38 persen yang didaur ulang.

Beberapa negara Eropa termasuk Finlandia, sampah yang tidak didaur ulang diangkut ke pabrik insinerasi dimana robot berbasis kecerdasan buatan membantu untuk menyortir berbagai jenis sampah dengan cepat.

Perusahaan Zen Robotics yang berpusat di Helsinki memiliki robot berbasis kecerdasan buatan untuk mendaur ulang sampah di 35 lokasi di sekitar 20 negara di dunia. Sebuah unit pada robot tersebut akan memindai sampah dengan kamera sistem sensor 3D dan detektor logam.

Dengan teknologi kecerdasan buatan robot akan mampu mengenali dan mengidentifikasi sampah untuk menentukan titik cengkraman terbaik yang dapat mengangkat hingga 30 kg sampah ke saluran yang telah ditentukan. Teknologi baru ini telah meningkatkan tingkat daur ulang sampah dari sekitar 50 hingga 90 persen di Finlandia. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
Viral