Pengamat: Negeri Ini Memang Negeri Terbaik Dalam Konteks Bahu-Membahu

Jumat, 31 Desember 2021 - 21:02 WIB

Jakarta - Tahun 2021 segera berakhir berbagai tragedi memilukan dan bencana alam datang silih berganti, termasuk pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Banyak korban yang kehilangan nyawa dan menyisakan luka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Indonesia.

“Justru pandemi ini malah menjadi etalase bahwa negeri ini memang negeri yang terbaik dalam konteks bahu-membahu saling merangkul sesama, baik dalam aspek bencana alam maupun bencana kesehatan,” ucap Pengamat Sosial, Devie Rachmawati.

Menurutnya, masyarakat Indonesia memiliki kekuatan spiritualitas yang cukup tinggi sehingga ketika menghadapi stres dengan hadirnya banyak bencana maka masyarakat dapat lebih cepat untuk pulih baik secara mental maupun fisik untuk bangkit dan kembali bekerja atau berusaha.

Seperti kita ketahui bahwa 2021 juga banyak bencana alam yang terjadi. Kejadian terbaru pada awal Desember tanggal 4 tepatnya adalah erupsi Semeru, banyak korban jiwa di sana. Belum lagi Indonesia kini tengah berada pada masa pandemi Covid-19.

Setidaknya ada sekitar 230 jiwa pengungsi warga terdampak awan panas Gunung Semeru. Total keseluruhan jumlah pengungsi yang tersebar di Kabupaten Lumajang kurang lebih ada 8.000 jiwa. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral